Analisa Komprehensif Komoditas

PT. Rifan Financindo Berjangka – Pada perdagangan di awal pekan ini harga emas tergelincir setelah pada awal sesi pembukaan berhasil menguat, penutupan gap emas kali ini disinyalir sebagai antisipasi perkembangan masalah nasib Yunani selanjutnya. Pada perdagangan akhir pekan lalu emas cenderung bergerak konsolidasi ditengah pelemahan mata uang dolar Amerika terhadap major currencies lainnya. Belum jelasnya timing akan proyeksi kebijakan moneter federal reserve Amerika masih kerap membayangi pergerakan si kuning ini.

Belum adanya titik temu antara Yunani dengan pihak kreditor dalam hal ini IMF serta Uni Eropa masih tetap akan dominan mempengaruhi pergerakan emas pada pekan ini. Sentimen safe heaven kembali mencuat ditengah ketidakpastian baik masalah masa depan Yunani maupun kelanjutan kebijakan suku bunga bank sentral Amerika berikutnya. Para investor akan mencermati sinyalemen dari federal reserve ?AS terkait kebijakan monternya pada hari rabu nanti.

Setali tiga uang dengan emas dimana harga minyak dunia pun kembali tergelincir sebagai imbas dari tarik menarik masalah perkembangan yang tengah terjadi di Yunani. Belum tercapainya kesepakatanan antara komisi Eropa, IMF dan pihak Yunani sendiri masih dominan mewarnai perdagangan minyak di awal pekan ini. Faktor lain yang mempengaruhi ketergelinciran minyak masih dipengaruihi oleh over supply negara-negara produsen kuat minyak macam Saudi Arabia dan negara-negara teluk lainnya. Begitu pun dengan cadangan minyak Amerika yang masih melimpah berdasarkan laporan dari badan energi AS
yang telah dirilis sebelumnya.

Untuk pergerakan hari ini kami memperkirakan baik emas dan perak nampaknya masih berpeluang kembali ke jalur recovery karena dorongan sentimen safe heven ditengah ketidakjelasan akan masalah Yunani serta belum pastinya timing akan kenaikan suku bunga bank sentral Amerika. Disisi lain minyak berpeluang bisa tergelincir kembali karena pengaruh melimpahnya cadangan produksi minyak global ditengah pelambatan ekonomi Tiongkok dan Eropa.

Emas

Support : 1179.30, 1176.30, 1175.50
Resisten: 1186.05, 1186.85, 1187.75
Minyak
Support : 59.65, 59.23, 58.99
Resisten: 59.89, 60.33, 60.39
Perak
Support : 15.89, 15.81, 15.72
Resisten:15.98, 16.02, 16.06

Sumber :?http://financeroll.co.id/expert-comment/analisa-komprehensif-komoditas/