Aprindo Menilai Perlu Adanya Penguatan Ritel Lokal Hadapi MEA 2015

Rifan Financindo Berjangka ? Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jawa Barat menilai perlu ada penguatan terhadap pelaku usaha ritel dalam negeri agar mampu bertahan dari gempuran ritel asing melalui kebijakan yang turut berpihak pada pengusaha lokal.

Pada 2015 akan mulai dibuka pasar bebas Asean, jadi terbuka untuk masuk bukan hanya produknya tetapi juga ritelnya. Itu jadi kekhawatiran.

Secara demografi ritel modern semakin dibutuhkan oleh masyarakat di mana seharusnya dalam iklim bisnis pasar bebas semua pihak bersaing secara sehat memberikan yang terbaik kepada konsumen.

Di samping itu disepakati perlunya pembenahan terhadap pasar tradisional demi menjaga eksistensinya. Ini PR semua pihak. Satu sisi pemerintah ingin melindungi pasar atau toko tradisional. Ritel lokal pun ke depan harus dibenahi dan dilindungi.

Menghadapi persaingan regional yang akan dihadapi, Aprindo Jabar sendiri secara internal akan melakukan konsolidasi, penguatan dan pembenahan di antaranya dalam hal sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan pelayanan.

Aprindo Jabar akan mengadakan pertemuan dengan segenap anggota asosiasi dan pelaku ritel modern untuk mengakumulasikan pertumbuhan serta mengevaluasi bisnis secara menyuluruh pada akhir Januari ini.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/aprindo-menilai-perlu-adanya-penguatan-ritel-lokal-hadapi-mea-2015/