Aussie Dollar Coba Lanjutkan Penguatan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA ? Berita forex di hari Jumat(26/8), Aussie dollar terpantau alami penguatan terhadap dollar AS setelah mata uang Australia tersebut berhasil membukukan kenaikan tipis di sesi sebelumnya. Di sisi lain, perhatian pasar tengah menanti hasil pidato Presiden Bank Sentral AS nanti malam.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, AUDUSD terpantau alami kenaikan 0.17% di level 0.7631 dimana pasangan tersebut telah bergerak menyentuh level low di 0.7615 dan level high di 0.7633. Pada pergerakan index dollar AS, yang memperlihatkan performa greenback terhadap mata uang utama dunia terpantau melemah 0.06% di level 94.62.

Aussie dollar mencoba teruskan penguatan terhadap dollar AS jelang akhir pekan ini, setelah berhasil mencatat kenaikan di sesi sebelumnya. Sedangkan serangkaian laporan AS tadi malam telah hadir dengan mencoba memberikan tekanan terhadap beberapa mata uang utama dunia akibat adanya indikasi pemulihan ekonomi domestik.

Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Biro Sensus menyebutkan bahwa pesanan barang tahan lama inti di AS mengalami kenaikan menjadi 1.5% pada bulan Juli dari -0.4% di bulan sebelumnya. Di waktu yang bersamaan, sebuah laporan resmi yang dirilis oleh Department of Labor menunjukkan bahwa klaim pengangguran AS mengalami penurunan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 261K untuk periode akhir 19 Agustus dari 262K di minggu sebelumnya.

Sementara itu, perhatian pasar saat ini masih berfokus kepada pidato Yellen hari kedua di Jackson Hole, Wyoming AS guna mendapat isyarat lebih lanjut atas kenaikan suku bunga di wilayah AS. Apabila pidato tersebut lebih mengarah kepada semakin dekatnya kenaikan suku bunga, maka penguatan yang dialami oleh Aussie dollar dapat terbatasi atau mungkin dapat membukukan kerugian.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber :?financeroll