Belanja Konsumen AS Mei Naik Dua Bulan Berturut

Rifan Financindo Berjangka – Belanja konsumen AS naik untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan Mei dengan meningkatnya permintaan untuk mobil dan barang-barang lainnya, tetapi ada kekhawatiran Brexit bisa menekan kepercayaan diri dan rumah tangga yang cepat untuk mengurangi konsumsi.

Departemen Perdagangan AS mengatakan pada hari Rabu bahwa belanja konsumen, yang menyumbang lebih dari dua-pertiga dari kegiatan ekonomi AS, meningkat 0,4 persen bulan lalu, menunjuk ke percepatan dalam pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua.

Belanja konsumen pada bulan April direvisi naik 1,1 persen daripada yang dilaporkan sebelumnya 1,0 persen.Peningkatan bulan lalu dalam belanja konsumen sejalan dengan ekspektasi para ekonom.

Ketika disesuaikan dengan inflasi, belanja konsumen naik 0,3 persen bulan lalu setelah naik 0,8 persen di bulan April. bulan lalu meningkat dan keuntungan yang solid April bisa mendorong ekonom untuk menaikkan perkiraan mereka untuk belanja konsumen dan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua.

Belanja konsumen naik pada tingkat tahunan 1,5 persen pada kuartal pertama, menekan pertumbuhan produk domestik bruto untuk kecepatan 1,1 persen. Atlanta Federal Reserve saat ini memperkirakan PDB kuartal kedua naik pada tingkat 2,6 persen.

Meskipun keuntungan yang stabil dalam belanja konsumen bulan lalu, inflasi tetap terkendali. Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE), tidak termasuk makanan dan energi komponen volatile, naik 0,2 persen setelah keuntungan yang sama pada bulan April.

Dalam 12 bulan hingga Mei PCE inti meningkat 1,6 persen setelah naik dengan margin yang sama pada bulan April.PCE Inti adalah ukuran inflasi yang disukai Federal Reserve dan berjalan di bawah target 2 persen bank sentral AS ini.

Bulan lalu, belanja konsumen didorong oleh lonjakan 0,3 persen pada pembelian barang-barang manufaktur tahan lama seperti mobil. Pengeluaran jasa meningkat 0,4 persen.

Pendapatan pribadi naik 0,2 persen setelah naik 0,5 persen di bulan April. Upah dan gaji naik 0,2 persen. Tabungan merosot ke $ 730.600.000.000 bulan lalu dari $ 753.700.000.000 pada bulan April.(Mbs-Rifan Financindo Berjangka )

Sumber :?http://vibiznews.com