BOJ Menahan Suku Bunga, Meningkatkan Pembelian ETF

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA ? Penantian para pelaku pasar mengenai kebijakan bank sentral Jepang akhirnya berakhir. Hari ini (29/7), Bank of Japan memutuskan untuk meningkatkan nilai pembelian exchange traded funds (ETF). Dalam keterangan resminya, bank sentral Jepang mengatakan mendongkrak nilai pembelian ETF menjadi 6 triliun yen atau US$ 56,7 miliar per tahunnya dari sebelumnya 3,3 triliun yen.

Namun, di luar dugaan, BOJ menahan suku bunga acuannya di level negatif 0,1%. Padahal, tekanan agar pemerintahan Shinzo Abe meluncurkan program stimulus yang agresif sangat gencar terdengar beberapa waktu terakhir. BOJ menguraikan, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi keputusan mereka pada hari ini. Beberapa di antaranya yakni hasil voting Brexit dan pasar global yang volatil.

?Seiring dengan hasil voting referendum Inggris yang memilih untuk meninggalkan Uni Eropa dan perlambatan negara-negara emerging, ketidakpastian di pasar global semakin meningkat dan membuat pasar finansial global volatil,? jelas BOJ. Pasar finansial bereaksi negatif atas keputusan BOJ. Indeks Nikkei 225 Stock Average langsung tertekan, yen menguat, dan yield obligasi Jepang langsung mendaki ke posisi tertingginya dalam sebulan terakhir.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber :?http://financeroll.co.id/