Bursa Asia Terpeleset

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA?? Bursa Asia dibuka di zona negatif pada transaksi hari ini. Mengutip data Bloomberg, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,1% menjadi 139. Sementara itu, data CNBC menunjukkan, pasar Korea Selatan menorehkan penurunan terdalam pada transaksi pagi ini. Indeks Kospi tercatat turun 0,54%, di mana hampir seluruh sektor terlihat tertekan.

Di Jepang, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,16%. Sedangkan indeks ASX 200 Australia bergerak flat di level 5,523,20. Sektor energi dan bahan baku turun masing-masing 0,36% dan 0,85%. Penurunan bursa Asia terjadi seiring spekulasi trader bahwa kemungkinan the Federal Reserve untuk mengerek suku bunga acuannya semakin besar. Selain itu, investor dan trader juga menanti pidato Pimpinan The Fed Janet Yellen di Jackson Hole pada Jumat (26/8) mendatang.

Simposium tahunan The Fed ini terkadang digunakan para pimpinan the Fed untuk mengumuman kebijakan-kebijakan penting mereka. ?Indeks dollar sepertinya mulai dipengaruhi oleh data ekonomi AS yang akan dirilis pada pekan ini. Selain itu, Jackson Hole tidak didesain untuk pergerakan pasar jangka pendek. Ada pertanyaan besar yang akan diperdebatkan mengenai keefektifan dari target inflasi yang ditetapkan,? jelas Angus Nicholson, market analyst IG Ltd.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber :?financeroll