Bursa Saham Eropa Dibuka Naik Tajam

Rifan Financindo Berjangka ? Saham Eropa dibuka naik tajam pada hari Selasa, karena pasar mencerna keputusan mengejutkan Inggris yang meninggalkan Uni Eropa dan sentimen pasar mulai membaik di seluruh dunia.

Selama perdagangan pagi di Eropa, EURO STOXX melonjak 2,53%, CAC Prancis menguat 2,39%, sedangkan DAX Jerman naik 2,32%.

Investor khawatir bahwa keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa bisa memukul investasi dalam ekonomi Inggris, mengancam peran London sebagai ibukota keuangan global dan memicu ketidakpastian politik setelah Perdana Menteri Inggris David Cameron mengundurkan diri pada hari Jumat.

PT Bursa Efek Indonesia perlu melakukan penghentian sementara perdagangan saham PT Pelat Timah Nusantara Tbk (NIKL) dalam rangka cooling down pada perdagangan tanggal 14 April 2016,” ujar Irvan Susandy, Kadiv Pengawasan transaksi BEI dan Eko Siswanto, Kepala Operasional Perdagangan BEI dalam keterbukaan, Kamis (14/4).

Penghentian sementara perdagangan saham NIKL tersebut dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di saham NIKL.

“Para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan infromasi yang disampaikan oleh perseroan,” lanjutnya.

Sebelumnya, saham NIKL dikategorikan masuk ke dalam Unusual Market Activity(UMA) pada Kamis (3/3). Hal itu disebabkan pola transaksi yang tidak wajar pada saham NIKL.(Mbs -?Rifan Financindo Berjangka).

Sumber : Investasi.kontan /?financeroll