Bursa Shanghai 8 Juni Berakhir Negatif Terganjal Penurunan Ekspor

Rifan Financindo Berjangka – Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (08/06), indeks Shanghai berakhir turun -9,35?poin, atau -0,32 persen, ke?2926.70. Pelemahan Indeks Shanghai terpicu pelemahan data ekspor Tiongkok.

Lihat 😕Indeks Shanghai 8 Juni Dibuka Lemah Tertekan Kekuatiran Data Ekonomi

Data perdagangan Tiongkok bulan Mei mengisyaratkan negara ekonomi terbesar kedua di dunia itu masih belum pulih secara menyeluruh untuk kesehatan ekonomi.

Ekspor dalam hal mata uang dolar merosot 4,1 persen secara tahunan, lebih dari dua kali lipat kejatuhan April 1,8 persen.?Impor turun tipis 0,4 persen secara tahunan, lebih sempit dari 10,9 persen jatuh pada April. Demikian rilis dari?General Administration of Customs Tiongkok, Rabu (08/06).

Lihat 😕Ekspor Tiongkok Mei Merosot 4 Persen

Pelemahan bursa Shanghai pada Rabu di tengah volume tipis karena pasar bersiap untuk liburan akhir pekan panjang meskipun investor melihat ke depan untuk pengumuman kemungkinan masuknya indeks saham Tiongkok dalam indeks pasar berkembang MSCI minggu depan.

Pasar keuangan Tiongkok akan ditutup pada hari Kamis dan Jumat untuk liburan akhir pekan Dragon Boat.

Sebagian besar sektor saham turun, dengan sektor bahan dan konsumen memimpin penurunan.

Esok hari akan dirilis data Inflasi Tiongkok bulan Mei yang diindikasikan stabil.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai awal pekan depan, akan didukung oleh sentimen positif masih ada dari harapan masuknya indeks saham Tiongkok ke MSCI, namun masih dibayangi dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok, kecuali ada stimulus yang dijalankan pemerintah Beijing. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2802-2701 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3036-3168.