Bursa Tokyo Ditutup Menguat

Rifan Financindo Berjangka ? Bursa saham Jepang menguat menyusul rilis data ekonomi yang menunjukkan ekonomi tumbuh di kuartal sebelumnya melebihi perkiraan. Indeks Topix menguat 0,8% ke level 1.350,97 pada penutupan perdagangan setelah sebelumnya jatuh sebanyak 0,6%. Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 0,9% ke level 16.830,92. Mata uang yen terpantau menguat 0,3% ke level 107,03 per dolar AS

Data revisi yang dirilis hari ini menunjukkan PDB Jepang tumbuh 1,9% year-on-year (yoy) pada tiga bulan pertama tahun ini, lebih tinggi dari perkiraan awal sebesar 1,7%. ?Minyak sekarang di atas $50 per barel dan itu menjadi sentimen positif. Pada dasarnya, kita masih menunggu pertemuan bank sentral Jepang dan AS minggu depan,? kata Chihiro Ohta, analis senior di SMBC Nikko Securities Inc seperti yang dikutip dari Bloomberg.

Bank of Japan merencanakan pertemuan pada tanggal 16 Juni untuk meninjau kebijakan moneter, sehari setelah Federal Reserve memutuskan tingkat suku bunga terbaru. Revisi PDB Jepang didukung oleh peningkatan konsumsi swasta dan investasi bisnis yang melemah di atas perkiraan. Sektor maskapai penerbangan memimpin penguatan pada 33 sektor industri di indeks Topix setelah surat kabar Nikkei memberitakan maskapai tetap tidak akan memberlakukan biaya tambahan bahan bakar untuk penumpang dari Jepang. Saham ANA Holdings Inc. menguat 1,6%, sedangkan Japan Airlines Co. naik 2,3%.

Sumber : http://financeroll.co.id/news/bursa-tokyo-ditutup-menguat/