Cara Cepat Bupati Anas Tangani Aduan Warga via Medsos

Cara Cepat Bupati Anas Tangani Aduan Warga via Medsos

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Banyuwangi? Media sosial saat ini banyak dimanfaatkan kepala daerah untuk berinteraksi dengan masyarakatnya. Tak terkecuali dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang menggunakan akun twitternya untuk menjangkau keluhan dan aspirasi dari warganya.

Sejak Jumat (16/7) dan Minggu (17/7) ada tiga tweet yang ditujukan ke akun twitter Anas, @a_azwarnas, mengenai kondisi warganya yang sakit dan membutuhkan bantuan. Pada Jumat laporan mengenai Juminten yang menderita kanker payudara langsung ditangani pada hari yang sama.

Kemudian ada juga Najwa yang didiagnosa menderita Hemangioma Palpebra Dextra yang butuh uluran tangan. Laporan diterima Anas pada Jumat (16/7) malam tak lama sejak laporan itu masuk, Anas mengutus Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan dr Widji Lestariono (dr Rio) dan pihak Dinas Sosial untuk mengecek kondisi Najwa.

“Dari laporan dr Rio Najwa pasien yang sudah rutin berobat jalan ke RS Soetomo Surabaya. Kondisi penyakitnya sudah lebih baik dibanding sebelumnya dan punya BPJS mandiri kelas 2 sehingga pemeriksaan dan pengobatan sudah bebas biaya. Masalahnya adalah biaya untuk transportasi selama di Surabaya,” terang Anas saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (17/7/2016) malam.

Tak lama berselang staf dari Dinas Sosial datang dan memberikan bantuan berupa ‘family kit’ berisi selimut dan sembako kepada orangtua Najwa. Penanganan ini dilaporkan langsung kepada Anas melalui WhatsApp grup yang memang dibentuk untuk berkoordinasi dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Lalu pada Minggu (17/7) ada pula tweet dari @agus_sdsb pukul 18.41 WIB mengirimkan foto seorang balita yang menggunakan selang oksigen. Dari tweet tersebut diketahui balita itu bernama Al Muzaki yang sakit dan terpaksa dipulangkan dari rumah sakit karena tidak ada biaya.

Foto: Twitter

Laporan itu pun discreen capture oleh Anas dan disebarkan di WhatsApp grup miliknya. Anas menunjuk dr Rio dan Camat Tegalsari untuk mencari tahu kondisi balita Muzaki.

Tidak sampai dua jam setelah mendapat laporan Kepala Puskesmas Tegalsari, dr Asiah sudah berada di lokasi. Mereka melaporkan kepada Anas soal kondisi balita Putra pasangan Masruri dan Nurhayati tersebut.

“Muzaki ini sakit panas dan kejang sejak Senin (11/7) dibawa ke bidan setempat dan dirujuk ke RS swasta. Dirawat 7 hari karena tidak ada biaya akhirnya pulang paksa dan saat ini kondisi lemah dan sering kejang. Setelah mengetahui kondisi Muzaki kami bawa ke RSUD Genteng untuk dirawat lebih lanjut,” jelas Anas.

Saat dikonfirmasi soal sakit yang diderita Muzaki dr Rio mengungkapkan orangtua dari Muzaki tidak memiliki jaminan kesehatan. Pihak Pemkab pun lalu membantu untuk mengurus BPJS kesehatan bagi Muzaki.

“Setelah diperiksa Muzaki menderita infeksi selaput otak. Muzaki penduduk Papua yang sedang berkunjung di rumah saudaranya di Banyuwangi. Kami sudah konsultasi dengan BPJS bisa mendaftar disini dan digunakan di mana saja karena pemanfaatan KIS ini menganut asas portabilitas (berlaku secara nasional),” bebernya.

Dokter Rio menjelaskan adanya laporan tersebut membantu tugasnya untuk memberikan pertolongan kepada warga tidak mampu. Dia menyebut Dinas Kesehatan Banyuwangi memiliki skema jaminan pembiayaan untuk pengobatan masyarakat.

“Diantaranya melalui KIS, Jamkesda atau SPM (Surat Pernyataan Miskin),” terangnya.

Bupati Anas sendiri mengakui jangkauan wilayahnya sangat luas. Untuk itu dia akan terus berupaya mensosialisasikan sms center untuk aduan masyarakat.

“Nomor SMS center akan kita sebar terus ke masyarakat. Inilah potret rakyat kita adanya teknologi membantu untuk menyampaikan aspirasinya dan menjangkau masyarakat di daerah. Bagaimana dengan daerah yang media sosialnya tidak jalan, bisa dibayangkan?” ujarnya.

Oleh karenanya Anas akan menggeber program smart kampung. Dia berharap tak lagi ada laporan masuk dan perangkat desa lebih pro aktif melayani warganya.

“Maka smart kampung menjadi jalan untuk memaksa kades dan perangkatnya cepat melayani warganya,” tukas mantan anggota DPR/MPR termuda ini.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber : Detik.com