Commodity: Harga Emas Terkoreksi

Rifan Financindo Berjangka ? Harga emas terkoreksi dalam perdagangan Asia pada hari Selasa pagi (14/6). Setelah di sesi harian tampil bersinar.

Divisi New York Merchantile Exchange, spot emas untuk pengiriman Agustus turun -10% di level $1.284.30 troy ons. Tadi malam, emas melonjak tertinggi 1 bulan pada hari Senin, dipicu investor yang terus menumpuk hingga menjadi aset safe havens di tengah meningkatnya keprihatinan Brexit, serta indikator ekonomi yang suram di Tiongkok dan Jepang.

Investor terus memonitor polling Brexit di Inggris, jajak pendapat dari ORB menemukan bahwa 55% dari pemilih mendukung Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa, sementara 45% mendukung Inggris tetap tinggal di zona Eropa. Sejumlah pemimpin utama dunia termasuk Perdana Menteri U.K. David Cameron, Kanselir Jerman Angela Merkel dan managing Direktur IMF, Christine Lagarde telah mengeluarkan peringatan yang gamblang tentang konsekuensi Inggris dari Uni Eropa yang berefek pada perekonomian global yang luas.

Ditempat lain, Shanghai Composite Index jatuh lebih dari 3% di level 2,833.07, di tengah-tengah pelemahan sinyal pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut. Bulan lalu, aset investasi tetap di Tiongkok naik 9.6% secara tahunan, meskipun turun tajam di bawah keuntungan bulan April 10.5% dan konsensus 10.5%. Hal ini juga ditandai pertumbuhan tingkat paling lambat selama empat bulan sejak tahun 2000.

Seperti diketahui, Tiongkok merupakan produsen emas terbesar di dunia dan konsumen terbesar kedua di dunia di belakang dari India. Pada perdagangan Comex lainnya, spot perak untuk pengiriman Juli turun 0.05% di level $17.435 troy ons, dan tembaga pengiriman Juli turun 0.24% di level $2.057 troy pound.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/commodity-harga-emas-terkoreksi/