PT Rifan Financindo |Dalam Masa Transisi, RBNZ Pertahankan Suku Bunga

PT Rifan Financindo Pekanbaru – Bank Sentral New Zealand (RBNZ) tidak mengubah tingkat suku bunga di hari Kamis (28/Sep) ini, sesuai dengan ekspektasi. Kebijakan moneter RBNZ tersebut diputuskan di tengah berbagai kemungkinan yang terjadi menyusul Pemilu New Zealand yang masih dilanda ketidakpastian.

rbnz
Kebijakan yang diambil oleh Gubernur sementara, Grant Spencer yang menggantikan Graeme Wheelermempertahankan rate bunga pada level 1.75 persen, dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan ekonomi di antara kebutuhan untuk mendongkrak inflasi dan meminimalisasi risiko gelembung pasar perumahan. Di samping itu, RBNZ sedang berada dalam masa transisi kepemimpinan.

Para ekonom mengekspektasikan suku bunga RBNZ tak akan berubah untuk beberapa lama, meskipun bank sentral tersebut sempat mendapat tekanan untuk mengikuti jejak Bank Sentral Kanada dan The Fed dalam menaikkan suku bunga.

“Kebijakan moneter akan akomodatif untuk beberapa waktu ke depan. Berbagai ketidakpastian dan kebijakan-kebijakan lain, kemungkinan masih membutuhkan penyesuaian sedemikian rupa,” kata Spencer.

RBNZ menyebutkan bahwa headline inflasi mungkin akan menurun dalam beberapa kuartal ke depan, merefleksikan volatilitas dalam inflasi komoditas ekspor dan impor. Kendati demikian, dalam ekspektasi jangka panjang, inflasi New Zealand diprediksi masih akan berkisar di level 2 persen.

“Pertumbuhan diproyeksi akan mempertahankan lajunya saat ini, didukung oleh kebijakan moneter akomodatif, pertumbuhan populasi, peningkatan perdagangan, dan stimulus fiskal,” urai RBNZ dalam pernyataan kebijakannya.

Problem Apresiasi Dolar New Zealand

Masalah apresiasi Dolar New Zealand pun masih menjadi fokus RBNZ. Bank sentral tersebut kembali menegaskan bahwa nilai tukar Dolar New Zealand yang lebih rendah akan membantu inflasi komoditas ekspor-impor dan makin meningkatkan keseimbangan pertumbuhan.

Dolar New Zealand terpantau sideways meski volume perdagangan cukup tinggi. NZD/USD sempat melemah beberapa saat setelah pernyataan kebijakan moneter RBNZ, kemudian menguat kembali. Saat berita ini ditulis, NZD/USD kembali melemah di angka 0.7195 sehubungan dengan stabilnya penguatan Dolar AS hari ini. ( Mbs-rifan financindo berjangka )

Lihat : PT Rifan Financindo

 

Sumber : seputarforex