PT RIFAN FINANCINDO PEKANBARU | Data Ekonomi AS Memburuk, Harga Emas Teruskan Kenaikan

PT RIFAN FINANCINDO PEKANBARU – Harga emas kembali menanjak pada hari Kamis lalu (11/Januari), setelah sempat mengalami penurunan di pembukaan Asia. Naiknya kembali harga emas ini menyusul melemahnya data ekonomi AS malam kemarin. Comex mencatat harga emas kemarin naik sebesar 0.20% pada level 1,322.10 USD per troy ounce-nya dengan sesi terendah kemarin berada pada level 1,316.10 USD.

Harga emas terhadap Dollar AS

Laporan Ekonomi AS Memburuk, Dudley Fed Khawatir

Departemen Ketenagakerjaan AS melaporkan bahwa Klaim Pengangguran meningkat sebanyak 261,000 orang minggu lalu, naik dari 250,000 orang  pada minggu sebelumnya. Nilai ini jauh di atas perkiraan yang hanya mencatat sebanyak 246,000 orang.

Laporan lain menunjukkan bahwa Indeks Harga Produsen (PPI) turun sebanyak 0.1% bulan Desember lalu. Angka ini jauh dari perkiraan kenaikan sebesar 0.2%, menyusul kenaikan sebesar 0.4% berturut-turut pada bulan Oktober dan November.

Direktur Fed wilayah New York, William Dudley, menyatakan,” Perekonomian AS masih akan terus tumbuh, terutama pada sektor pasar ketenagakerjaan dan pertumbuhan nilai upah“. Namun, Dudley melanjutkan bahwa beliau khawatir akan kebijakan pemotongan pajak. Menurutnya, pemotongan pajak ini memang baik sebagai katalis pertumbuhan ekonomi dalam jangka pendek, tetapi hal ini menambah resiko pada jangka panjangnya.

Harga emas dikenal sensitif terhadap kabar-kabar terkait Dolar AS. Apabila ada indikasi yang buruk bagi Amerika Serikat, maka Dolar AS bisa melemah dan menjadikan emas lebih murah bagi pengguna mata uang lainnya.

Kekhawatiran Soal China Mereda

Harga emas sempat turun pada sesi Asia di hari Kamis lalu, karena China menepis rumor mengenai China akan memperlambat atau menghentikan pembelian obligasi AS yang sebelumnya dilaporkan Bloomberg. State Administration of Foreign Exchange (otoritas yang menangani portofolio valas China) mengungkapkan bahwa mereka merupakan “investor yang bertanggung jawab” dan hanya bertindak berdasarkan prinsip diversifikasi. Katanya, “Dalam pendapat kami, berita itu bisa jadi mengutip sumber yang salah, atau itu bisa jadi berita palsu.

Pada saat berita ini ditulis, harga emas berada pada level 1,324.20 USD per troy ounce-nya, atau telah naik sebesar 0.13% dari harga pembukaan sesi Asia. Harga Emas Antam hari ini dipatok pada Rp635,000 per gram, dengan buyback dipatok pada Rp565,000 per gram. ( Mbs-rifan financindo berjangka )

Lihat :  PT Rifan Financindo

Sumber : seputarforex