Di Kalimantan Tembus Rp 200 Ribu, Berapa Harga Cabai di Jawa?

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Jakarta, Harga cabai, terutama jenis rawit merah kian melonjak. Di Samarinda, Kalimantan Timur, harga komoditas tersebut telah mencapai Rp 200 ribu per kilogram (kg).

Ketua Umum ‎Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Abdullah Mansuri  mengatakan, dari data yang didapatkannyan memang harga cabai di sejumlah daerah telah menembus angka di atas Rp 150 ribu per kg. Untuk wilayah Kalimantan, harganya pun bervariasi mulai dari Rp 100 ribu hingga lebih dari Rp 150 ribu per kg.

“Informasi yang beredar di pasar itu di atas Rp 150 ribu. Memang data yang kami terima di wilayah Kalimantan itu terbagi dua. Di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan itu dikisaran Rp 100 ribu, tapi di wilayah Kalimantan lain sudah lebih dari Rp 150 ribu,” ujar dia saat berbincang dengan di Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Untuk wilayah Jabodetabek, lanjut‎ Mansuri, saat ini harga cabai rawit merah berkisar antara Rp 90 ribu hingga Rp 105 ribu per kg. Harga pada masing-masing pasar di Jabodetabek berbeda-beda sesuai dengan pasokan dan permintaan.

“Di Jakarta masih dikisaran Rp 90 ribu, walaupun ada juga yang sudah Rp 100 ribu-Rp 105 ribu. Tapi rata-rata sekitar 90 ribu,” lanjut dia.

Sementara di wilayah lain di Pulau Jawa, harga terendah berada di kisaran Rp 80 ribu. Hal tersebut khususnya di daerah yang berdekatan dengan sentra-sentra produksi cabai, seperti di wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat.

“Di Jawa bagian lain juga begitu. Secara nasional ada di angka Rp 100 ribu. Ada yang Rp 100 ribu, Rp 150 ribu, Rp 90 ribu, bahkan ada yang masih Rp 80 ribu di wilayah-wilayah sentra produksi,” tandas dia.

Sumber – liputan6.com

rhd – rifanfinancindo

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

ithutp