PT RIFAN FINANCINDO PEKANBARU | Dolar AS Melemah Usai Trump-Juncker Umumkan Hasil Pertemuan

PT RIFAN FINANCINDO PEKANBARU – Dolar AS melemah terhadap mata uang-mata uang mayor Kamis (26/Juni) pagi ini, setelah pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Komisi Uni Eropa Jean Claude Juncker resmi digelar. Hasilnya, mereka sepakat untuk meredakan konflik perdagangan global dengan menunda tarif impor yang mengancam dunia menuju perang dagang.

trump-juncker

Selama Negosiasi Berlangsung, Bea Impor Akan Ditunda

Dalam konferensi pers pasca pertemuan, Trump yang berdiri bersama Juncker di podium Gedung Putih mengungkapkan harapannya untuk menciptakan nuansa perdagangan yang adil dengan Eropa.


Pertama-tama, hari ini kami telah sepakat, untuk mengusahakan kerja sama yang bertarif nihil, berbatasan nihil, dan bersubsidi nihil dalam barang-barang industri non-otomotif,” kata Trump.


Trump mengindikasikan bahwa selama negosiasi berlangsung, kedua negara sepakat menghentikan tarif impor untuk sementara waktu. Ia juga mengatakan bahwa Uni Eropa telah sepakat mengimpor lebih banyak kacang kedelai dan gas alam cair dari AS.

“Kita masih melihat banyak negara yang membatasi perdagangannya dengan ketat serta menerapkan tarif yang luar biasa besar, dan kita harus mengikutinya. Kalian mungkin menyebutnya sebagai pembalasan. Namun, saya hanya ingin mengatakan bahwa kami ingin resiprokal. Jadi apakah itu akan (terjalin) dengan Uni Eropa ataupun negara lain, maka minimal harus ada timbal balik,” tambahnya.

Sedangkan Juncker mengatakan bahwa hubungan Eropa dan Amerika Serikat adalah kerabat dekat, dan selama negosiasi, bea impor akan ditunda. “Kami adalah partner dekat, sekutu – bukan musuh. Kami harus bekerja bersama-sama… Menurut saya, kami akan fokus pada pengurangan tarif daripada menaikkannya. Inilah yang akan kami lakukan,” kata Juncker.

Dolar AS Melemah

Pasca pertemuan tersebut, Dolar AS justru melemah. EUR/USD menguat 0.4 persen, dengan kenaikan menuju level 1.17400 dari 1.17200. USD/JPY turun 0.24 persen, dan saat berita ini ditulis, diperdagangkan di angka 110.80. Sedangkan USD/CAD turun karena para pembuat kebijakan Kanada dan Meksiko optimis akan kesepakatan NAFTA. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : PT Rifan financindo

Sumber : seputarforex

eu