Dolar AS Terdorong Turun

Rifan Financindo Berjangka ? Dolar terdorong lebih rendah terhadap mata uang utama lainnya pada sesi Jumat (10/7), dikarenakan harapan untuk kemajuan dalam negosiasi utang Yunani mendorong permintaan untuk aset beresiko.

EUR / USD mengalami rally sebanyak 1,40% ke level 1,1191 setelah Eurogroup menjelaskan proposal reformasi terbaru Yunani yang bertujuan untuk mengamankan ketiga bailout secara menyeluruh. Presiden Eurogroup, Jeroen Dijsselbloem, mengatakan bahwa keputusan besar dengan cara apapun sekarang dapat dibuat pada pertemuan keuangan zona euro pada hari Sabtu.

Pada hari Kamis yang lalu, pemerintah Yunani menawarkan untuk melakukan pemotongan belanja dan kenaikan pajak, sebagai permintaan terakhir untuk memenangkan satu bailout lagi dari Eropa sebelum Yunani benar-benar tenggelam ke dalam kebangkrutan.

Athena sedang mencari setidaknya 50 milyar euro untuk tiga tahun ke depan. Sebagai gantinya, pemerintah menyajikan sejumlah langkah-langkah penghematan yang berjumlah antara 12 milyar euro dan 13 milyar euro.

Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras, diharapkan untuk melakukan reformasi melalui pemilihan suara (voting) di parlemen pada hari Jumat malam.

Sementara itu, pound terpantau naik, dengan GBP / USD naik 0,94% ke level 1,5523. Di tempat lain, dolar menguat terhadap yen, dengan USD / JPY naik 0,84% ke 122,36 dan lebih rendah terhadap franc Swiss, dengan USD / CHF jatuh 1,30% ke 0,9354.

Indeks dolar AS tercatat turun 1,01% pada 95,69, dimana merupakan level terendah sejak 30 Juni.

Sumber : http://financeroll.co.id/news/dolar-as-terdorong-turun/