Dolar Ditutup Menguat

Rifan Financindo Berjangka ? Dolar terdorong menguat terhadap mata uang utama lainnya pada penutupan sesi Senin, dikarenakan data penjualan ritel AS pada hari Jumat yang optimis terus mendukung dan dikarenakan komentar oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe masih membebani yen.

USD / JPY rally sebesar 1,12% ke 114,49. EUR / USD jatuh 1,05% dan diperdagangkan pada 1,1137. Di tempat lain, dolar lebih tinggi terhadap pound dan franc Swiss, dengan GBP / USD turun 0,33% di 1,4458 dan dengan USD / CHF naik 1,11% ke 0,9884.

Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Jumat bahwa penjualan ritel naik 0,2% bulan lalu, mengalahkan ekspektasi untuk kenaikan 0,1%.

Angka ritel yang digunakan untuk menghitung produk domestik bruto naik 0,6% pada bulan Januari setelah jatuh 0,3% pada bulan sebelumnya.

Sementara itu, yen melemah setelah Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan kepada parlemen bahwa ?volatilitas mata uang yang berlebihan adalah hal yang tidak diinginkan,? dan mengatakan Tokyo akan mengambil tindakan yang tepat di pasar nilai tukar yang diperlukan.

Secara terpisah, Data sebelumnya menunjukkan bahwa produk domestik bruto Jepang berkontraksi secara tahunan sebesar 1,4% dalam tiga bulan hingga Desember, lebih buruk dari ekspektasi untuk kontraksi 1,2%, menyusul ekspansi 1,3% direvisi pada kuartal kedua.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/dolar-ditutup-menguat-6/