Dolar Ditutup Menguat atas Yen

Rifan Financindo Berjangka ? Dolar diperdagangkan menguat terhadap yen pada penutupan, karena ekspektasi stimulus terus menekan mata uang Jepang, sementara pound diperdagangkan di atas 1,33 setelah Bank of England mempertahankan tingkat suku bunga dalam sebuah keputusan mengejutkan.

USD / JPY naik 1,3% pada 105,43 dan membawa keuntungan minggu ini sejauh 4,8%. Euro diperdagangkan pada $ 1,1123 akhir Kamis, dibandingkan dengan $ 1,1098 di akhir Rabu

Yen melemah sejak koalisi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meningkat mayoritasnya dalam pemilihan parlemen, meningkatkan harapan untuk paket baru mengenai langkah-langkah stimulus untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

Pound melonjak ke level tertinggi sejak akhir Juni terhadap dolar setelah Bank of England tiba-tiba tidak mengubah suku bunga utamanya pada rekor rendah 0,5%. Hal ini juga berarti tidak ada perubahan dalam program pembelian aset senilai 375 miliar pound ($ 495 miliar). Pasar telah bertaruh besar di kemungkinan penurunan suku bunga, yang akan menjadi yang pertama sejak Maret 2009.

Sterling melonjak menjadi hampir $ 1,35 setelah keputusan tersebut, tapi memangkas keuntungan terhadap dolar setelah dirilisnya data tenaga kerja dan inflasi yang kuat dari AS. Pound berada di level $ 1,3333 pada akhir Kamis di New York, naik 1,7% dari $ 1,3119 di akhir Rabu.(Mbs-Rifan Financindo Berjangka)