Dollar Makin Perkasa

Rifan Financindo Berjangka ? Dolar AS berada dalam track kinerja terkuatnya secara kuartalan sejak 2008, mendapatkan energi untuk melemahkan euro tetapi kehilangan beberapa point versus yen Jepang.

ICE AS, Indeks dolar DXY, naik ke posisi 97,980 di perdagangan Amerika Utara hari Senin. Indeks telah mengalami kenaikan kuartalan dari 9%, terkuat sejak kenaikan 9,6% pada kuartal ketiga 2008, demikian menurut FactSet.

Dolar telah meningkat sebagian besar karena harapan untuk divergensi kebijakan moneter, dengan Federal Reserve AS terlihat bersiap-siap untuk menaikkan suku bunga akhir tahun ini karena Bank Sentral Eropa, Bank of Japan dan beberapa bank sentral lain terus melonggarkan kebijakan.

Presiden Richmond Federal Reserve Bank Jeffrey Lacker, anggota voting tahun ini dari tingkat-pengaturan Federal Open Market Committee, pada Selasa mengatakan bahwa kecuali laporan ekonomi mengecewakan yang masuk, ?kasus untuk menaikkan suku akan tetap kuat pada pertemuan Juni. Lacker telah menjadi salah satu anggota paling hawkish dari FOMC.

Dolar hampir tidak berubah terhadap yen Jepang di perdagangan yang bergelombang hari Selasa, namun performa dollar diredam versus mata uang yen secara kuartalan setelah dikaitkan dengan sebagian repatriasi musiman keuntungan dari perusahaan-perusahaan Jepang pada akhir tahun fiskal negara.

Dolar USDJPY, diperdagangkan pada level 120,08 ?. Sebelumnya, dolar telah naik ke titik tertinggi dua minggu di level ? 120,37. Dolar mengalami kenaikan kuartalan 0,3% terhadap mata uang Jepang.

Pada perdagangan mata uang lain, EURUSD euro, berada di level $ 1,0738, turun dari $ 1,0832, jatuh lebih dari 11% terhadap dolar AS secara kuartalan. Terhadap yen, EURJPY, diperdagangkan pada level 128,92 ?, turun dari 129,86

WSJ Dollar Index BUXX, sedikit berubah ke level 87,91.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/dollar-makin-perkasa/