Dua Faktor Penekan Harga Minyak

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA ? Harga kontrak minyak dunia tertekan di awal transaksi jelang siang ini. Berdasarkan data CNBC, harga minyak Brent diperdagangkan di posisi $ 49,57 per barel. Posisi ini turun 0,8% dibanding level penutupan terakhir. Sedangkan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) turun 1% menjadi $ 47,64 per barel.

Salah satu faktor utama yang menyebabkan harga minyak tertekan adalah kenaikan cadangan minyak AS yang di luar dugaan minggu lalu. Data dari American Petroleum Institute menunjukkan cadangan minyak AS mengalami kenaikan 4,5 juta barel pada pekan lalu. Jauh lebih tinggi dari prediksi analis yang disurvei Reuters yang meramal penurunan 500.000 barel.

Sentimen lainnya adalah kecemasan investor bahwa permintaan minyak mentah dari China akan melorot seiring langkah Beijing yang kian gencar mengusut penggelapan pajak di industri minyak. Tingginya permintaan minyak dari China didorong oleh penyuling independen, atau yang biasa disebut teapot. Mereka mulai mengimpor minyak mentah pada Juni lalu setelah mendapatkan kuota impor dan izin dari pemerintah China. Namun, langkah Beijing dalam menyelidiki penggelapan pajak di industri minyak yang menargetkan pelaku teapot, mengancam tingkat permintaan minyak China(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber :?financeroll