Ekonomi AS Masih Meragukan, Dolar Ditutup Melemah

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA ? Dolar melemah pada akhir Rabu terhadap hampir semua pesaingnya karena investor bertaruh bahwa Federal Reserve akan meninggalkan suku bunga tidak berubah untuk sisa tahun 2016.

ICE US Dollar Index yang merupakan ukuran kekuatan dolar terhadap enam mata uang rival, turun 0,5% di 95,6670. Dolar USDJPY melemah 0,6% ke 101,29 yen pada akhir Rabu di New York, dibandingkan dengan 101,93 yen akhir Selasa. EURUSD menguat 0,5% ke $ 1,1174 pada akhir Rabu, dibandingkan dengan $ 1,1115 akhir Selasa di New York. GBPUSD selesai datar di $ 1,3010.

Data ekonomi AS terpantau bervariasi dalam beberapa pekan terakhir. Data yang dirilis pada hari Jumat menunjukkan laju penciptaan lapangan kerja di AS jauh lebih kuat daripada yang diantisipasi pada bulan Juli, membantu untuk mengimbangi kekhawatiran tentang pembacaan yang lebih lemah dari yang diperkirakan pada kuartal kedua produk domestik bruto.

Meskipun kalender data AS relatif ringan pekan ini, pembacaan mengecewakan pada produktivitas pekerja AS, yang jatuh untuk kuartal ketiga berturut-turut menurut data yang dirilis pada hari Rabu, terlihat mengurangi kemungkinan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga sebelum akhir 2016.(mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber : financeroll