Ekonomi Australia Membaik, Dorong AUDUSD Menguat

Rifan Financindo Berjangka ? Pergerakan pasar mata uang di hari Rabu(2/3), Aussie dollar melonjak menguat terhadap dollar AS ketika pertumbuhan domestik bruto Australia yang tumbuh melampaui perkiraan.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, pasangan AUDUSD terpantau alami kenaikan sebesar 0.68% di level 0.7222. Di tempat lain, index dollar AS yang memperlihatkan performa greenback terhadap mata uang utama lainnya terpantau naik 0.06% di level 98.34.

Aussie dollar terpantau alami penguatan tajam pagi ini, ketika terjadinya pemulihan ekonomi Australia. Tanda ? tanda membaiknya kondisi ekonomi Australia terlihat dari laporan Biro Statistik Australia yang menyebutkan bahwa pertumbuhan domestik bruto telah naik sebesar 0.6% di kuartal empat setelah naik 0.9% di kuartal sebelumnya. Sedangkan untuk basis tahunan, pertumbuhan domestik bruto Australia telah mengalami kenaikan sebesar 3.0% di kuartal empat setelah naik 2.5% di kuartal sebelumnya.

Pada laporan terpisah lainnya, sebuah laporan resmi yang dirilis oleh?Housing Industry Association?menyebutkan bahwa penjualan rumah baru di Australia mengalami kenaikan 3.1% di bulan Januari setelah naik 6.0% di bulan Desember.

Sementara itu, perhatian pasar pada hari ini tengah tertuju kepada laporan pasar tenaga kerja AS yang dijadwalkan akan dirilis pada pukul 20.15 waktu Jakarta. Survei ekonom telah memperkirakan bahwa ADP Nonfarm Employment Change akan mengalami kenaikan sebanyak 185K Februari. Sejalan dengan laporan tersebut, maka pergerakan pasar berpotensi mengalami gejolak pergeseran harga.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/ekonomi-australia-membaik-dorong-audusd-menguat/