Ekspansi GDP New Zealand Tak Buat NZD/USD Terkesan

PEKANBARU –  Ekonomi New Zealand dilaporkan berekspansi dengan laju yang lebih cepat dalam tiga bulan terakhir, berkat maraknya pembangunan dan belanja masyarakat. Angka GDP New Zealand di hari Kamis (22/Desember) pagi ini dilaporkan tumbuh 1.1 persen dalam tiga bulan hingga September, dibandingkan dengan revisi 0.7 persen di masing-masing dua kuartal sebelumnya.

new_zealand

13 Dari 16 Sektor Industri Menunjukkan Peningkatan

“Poin kenaikan di kuartal ini menunjuk pada pertumbuhan yang lebih luas,” ungkap manajer Statistics New Zealand, Gary Dunnett. “Tiga belas dari 16 industri mengalami kenaikan, dengan pelemahan utama yang datang dari sektor agrikultur.” Belanja masyarakat terus tumbuh, dengan kenaikan sebanyak 1.6 persen. “Kami melihat Dolar Kiwi lebih banyak dihabiskan untuk sektor pariwisata domestik, akomodasi, makan, dan rekreasi,” kata Dunnett.

Pasar perumahan pun terus membantu menggerakkan perekonomian New Zealand. Konstruksi meningkat 2.1 persen, dengan aktivitas konstruksi untuk pembangunan hunian, industri dan perdagangan, serta pembangunan sarana sipil, semuanya menunjukkan kenaikan. Hal ini merefleksikan kuatnya sektor investasi dalam sektor tersebut. Pembangunan rumah hunian meningkat 2.3 persen dalam kuartal ketiga, dan 9.5 persen untuk basis tahunan.

Pabrik, permesinan, dan investasi peralatan manufaktur merosot 6.4 persen. Sebaliknya, sektor jasa mengambil keuntungan dari boom di sektor konstruksi. Belanja jasa meningkat 2 persen, dipimpin oleh sektor sains, arsitektur, dan layanan pembangunan sipil, dan menjadi kenaikan terbesar dalam sembilan tahun terakhir.

NZD/USD Tak Terlalu Terkesan

Menanggapi laporan ini, Dolar New Zealand hanya sedikit naik ke level 0.6925 per Dolar AS, dari level 0.6893 menjelang laporan GDP tersebut. Meski demikian, secara umum, NZD/USD masih diperdagangkan di level rendah sejak Mei 2016. Kemarin, Dolar New Zealand juga sempat mereguk penguatan berkat menyempitnya defisit perdagangan New Zealand.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Lihat : Rifanfinancindo

Sumber : seputarforex