Emas Anjlok Semalam

Rifan Financindo Berjangka ? Emas anjlok lebih dari 1% pada penutupan sesi Senin di tengah dolar yang kuat, karena investor terus mencerna laporan inflasi AS yang kuat dari akhir pekan lalu yang bisa meningkatkan prospek kenaikan suku bunga dari Federal Reserve dalam beberapa bulan mendatang.

Emas berjangka untuk pengiriman April merosot $ 20,70 atau 1,7% untuk menetap di $ 1.210,10 per ons, sementara perak untuk bulan Maret turun 18,9 sen atau 1,2% ke $ 15.184 per ons. Kedua logam mulia tampaknya mundur setelah menikmati tawaran haven baru-baru ini selama kekhawatiran sebelumnya tentang kondisi ekonomi global.

Investor pada hari Senin terus bereaksi terhadap angka inflasi AS yang solid di bulan Januari yang dirilis pekan lalu ketika Core Consumer Price Index (CPI) menguat dengan kecepatan tertinggi dalam empat tahun. Core CPI meningkat 1,4% dari sebelumnya, naik 0,7% dari keuntungan yang kuat di bulan Desember.

Ekuitas AS bergerak naik tajam setelah harga emas menetap, dengan harga minyak berjangka meningkat. Ekuitas Eropa dan Asia juga menguat.

Penurunan harga logam juga merupakan bagian dari ?koreksi teknis normal? dari keuntungan yang terlihat pekan lalu. Harga emas terpantau untung dari sekitar 1,9% selama tiga sesi perdagangan terakhir. Namun, masih membukukan penurunan sekitar 0,7% untuk pekan lalu.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/emas-anjlok-semalam/