Emas Ditutup Menguat

Rifan Financindo Berjangka ? Emas naik tipis pada penutupan sesi Jumat karena investor tetap?bullish?pada logam mulia sementara imbal hasil obligasi global dan saham dunia terus merosot.

Di divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas untuk pengiriman Agustus menetap di $ 1.274,05, naik 1,35 atau 0,11%. Perak untuk pengiriman Juli naik 0,032 atau 0,19% ke $ 17,300 per ons. Tembaga untuk pengiriman Juli turun tipis 0,009 atau 0,44% ke $ 2,030 per pon.

Investor terus menumpuk ke aset safe haven seperti emas, karena imbal hasil obligasi pemerintah di seluruh dunia jatuh ke rekor terendah baru. Imbal hasil 10 tahun Jerman jatuh serendah 0,02%, dikarenakan lebih dari 75% dari imbal hasil obligasi pemerintah Jerman melayang di wilayah negatif. Sepanjang zona euro, harga obligasi tetap tinggi karena imbal hasil di Inggris, Perancis, Italia, dan Spanyol menyediakan pilihan menarik bagi investor.

Pada bulan lalu saja, imbal hasil masing-masing lima obligasi pemerintah tersebut telah menurun drastis setidaknya 10 basis poin. Di Jepang, imbal hasil obligasi pemerintah 10 tahun turun tiga basis poin menjadi Minus 0,17% pada hari Jumat. Selama lima bulan terakhir, imbal hasil obligasi 10 tahun Jepang telah merosot lebih dari 20 basis poin sejak Bank of Japan mengadopsi kebijakan suku bunga negatif pada bulan Januari.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/emas-ditutup-menguat-14/