Emas Ditutup Menguat

Rifan Financindo Berjangka ? Harga emas menguat pada penutupan sesi Jumat (3/7), saat dirilisnya laporan ekonomi AS yang suram pada hari Kamis sehingga mengurangi permintaan untuk greenback.

Pada divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas berjangka untuk pengiriman Agustus naik 0,33% pada level $ 1.167,30. Kontrak Agustus mengakhiri sesi Kamis sebanyak 0,50% lebih rendah pada $ 1.163,50 per ons. Berjangka kemungkinan besar akan mencari support di $ 1.155,80, dari level rendah di sesi Kamis dan resistance pada $ 1.174,40, dari posisi tinggi tanggal 1 Juli.

Dolar terpantau melemah setelah munculnya serangkaian data AS yang mengecewakan pada hari Kamis yang memicu ketidakpastian atas waktu kenaikan suku bunga. Departemen Perdagangan AS melaporkan pada hari Kamis bahwa pesanan pabrik turun sebanyak 1,0% pada bulan Mei, dibandingkan dengan ekspektasi untuk penurunan 0,5%.

Sementara itu, para pelaku pasar terus memantau situasi Yunani setelah harapan untuk kesepakatan pada pertemuan terakhir pupus ketika Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras, mendesak para pemilih untuk menolak ketentuan kesepakatan bailout internasional.

Pemilih Yunani wajib untuk memutuskan pada hari Minggu apakah mereka menerima persyaratan yang diajukan oleh lembaga pengawas bailout, Bank Sentral Eropa (ECB), Dana Moneter Internasional (IMF), dan Komisi Eropa, atau menolak mereka.

Tsipras mengatakan suara terhadap proposal akan memberinya mandat kuat untuk menyetujui bailout ketiga kreditur Yunani. Namun, para pemimpin Eropa mengatakan bahwa referendum itu sendiri adalah suara mengenai apakah Yunani tetap berada di zona euro.

Di tempat lain dalam perdagangan logam, perak berjangka untuk pengiriman September naik 0,39% menjadi $ 15,622 per troy ounce, sementara tembaga untuk pengiriman September naik 0,26% menjadi $ 2,637 per pon.

Sumber :?https://www.youtube.com/watch?v=HGfz8bQ_uPY