Emas ditutup Rally

Rifan Financindo Berjangka ? Emas berjangka berakhir lebih tinggi pada hari Selasa (9/6), memantul dari level terendah sejak pertengahan Maret dan mengakhiri penurunan tiga sesi beruntun dikarenakan dolar dan bursa saham AS melemah.

Emas untuk pengiriman Agustus di Comex naik $ 5,50 atau 0,5% menjadi US $ 1.173,60 per ons setelah kehilangan lebih dari 2% selama tiga sesi perdagangan sebelumnya. Perak untuk kontrak bulan Juli turun 2,5 sen atau 0,2% ke $ 15,959 per ons.

Emas pada hari Jumat berakhir pada level terendah sejak 18 Maret setelah mengalami reli lebih kuat dari perkiraan saat dirilisnya laporan nonfarm payrolls bulan Mei yang memperkuat harapan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada bulan September.

Sementara itu, pembicaraan mengenai pemecahan kebuntuan utang Yunani dengan kreditor internasional masih berlanjut. Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras, diperkirakan akan bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Fran?ois Hollande di Brussels, pada hari Rabu depan.

Dolar melemah terhadap sebagian besar rival utama setelah mencetak rekor tinggi 13 tahun terhadap yen pada hari Jumat. Indeks ICE terpantau turun 1%. Melemahnya dolar dipandang sebagai dukungan untuk harga komoditas dalam unit dolar karena membuat mereka lebih murah untuk pengguna mata uang lainnya.

Dalam perdagangan logam lainnya, platinum untuk kontrak Juli naik $ 9,20 atau 0,8% menjadi US $ 1.101,20 per ons, sedangkan paladium untuk bulan September turun $ 7,20 atau 1% ke $ 743,75 per ons. Tembaga untuk kontrak Juli naik kurang dari setengah persen menjadi $ 2,697 per pon.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/emas-ditutup-rally/