Emas Melambung pada Penutupan

Rifan Financindo Berjangka ? Emas berjangka mengalami reli menembus level $ 1.200 per ons pada penutupan di hari Jumat pagi (19/6) untuk menetap pada tingkat tertinggi dalam hampir satu bulan di saat Federal Reserve mengisyaratkan akan menaikkan suku bunga secara bertahap.

Emas untuk pengiriman Agustus melonjak sebanyak $ 25,20 atau 2,1% untuk menetap di $ 1.202 per ons di Comex. Posisi tersebut adalah penyelesaian tertinggi sejak tanggal 22 Mei yang untuk kontrak teraktif.

Harga mulai mendaki dalam perdagangan elektronik di hari Kamis yang dikarenakan The Fed menunjukkan bahwa sembari menanti suku bunga acuan untuk naik ke 3,75% dalam jangka panjang, jalan untuk menuju ?ke sana? akan dilakukan secara bertahap.

Pandangan Fed tersebut membebani dolar AS yang cenderung untuk mendapatkan keuntungan dari suku bunga yang lebih tinggi. Pada gilirannya, emas dan komoditas lainnya mendapat dukungan dari penurunan dolar, dikarenakan dolar yang lebih murah membuat komoditas juga jadi lebih murah bagi pengguna mata uang lainnya.

Tetapi, emas perlu untuk diperdagangkan pada level lebih dari $ 1.200 setidaknya sampai hari Senin mendatang untuk menarik pembeli jangka pendek.

Harga emas terus perdagangan yang lebih tinggi menyusul serentetan laporan ekonomi AS pada hari Kamis. Indeks harga konsumen pada bulan Mei mengalami kenaikan terbesar dalam lebih dari dua tahun, tapi masih lebih rendah dari perkiraan ekonom. Klaim pengangguran mingguan turun menjadi 267.000.

The Fed, yang telah menggunakan berbagai laporan ekonomi untuk mengukur seberapa siap perekonomian AS untuk kenaikan suku bunga, secara umum diperkirakan akan mengumumkan kenaikan suku bunga pada bulan September mendatang.

Kembali ke perdagangan logam, perak untuk kontrak bulan Juli naik 20,6 sen atau 1,3% untuk diperdagangkan di $ 16,153 per ons. Platinum untuk kontrak bulan Juli naik $ 10,10 atau 0,9% menjadi $ 1.082,80 per ons, paladium untuk pengiriman bulan September turun $ 1.70 atau 0,2% ke $ 718,65 per ons. Sedangkan tembaga untuk kontrak Juli naik 1,1 sen atau 0,4% ke $ 2,616 per pon.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/emas-melambung-pada-penutupan/