EMAS TURUN DI TENGAH KETEGANGAN GEOPOLITIK IRAK

www.odt.co.jpg-1

Financeroll ? Emas diperdagangkan turun di Asia pada perdagangan hari Jumat di tengah ketegangan geopolitik atas Irak.

Di divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas berjangka untuk pengiriman Agustus diperdagangkan pada $ 1,273.00 per troy ounce, turun 0,08%, setelah mencapai level terendah semalam sesi $ 1,260.10 dan off tinggi dari $ 1,275.00.

Pemberontak Irak terkait dengan al-Qaeda dilaporkan mengambil kontrol penuh dari kota minyak utara Kirkuk pada hari Kamis dan maju lebih dekat ke ibukota, Baghdad.

Sebelumnya hari Kamis, Presiden AS Barack Obama mengatakan Irak akan membutuhkan bantuan dari AS untuk mendorong para pemberontak kembali.

Menurut data yang telah dikumpulkan oleh Biro Sensus AS, inventori bisnis AS telah naik ?0.6% yang di sesuaikan secara musiman pada bulan April, dari 0.4% di bulan Maret. Analis telah memperkirakan inventori bisnis AS untuk stabil di 0.4%.

Menurut data yang telah dikumpulkan oleh Departemen Tenaga Kerja, klaim pengangguran AS untuk bulan Mei telah naik menjadi 317K, dari 312K di bulan sebelumnya. Analis telah memperkirakan klaim pengangguran AS untuk turun menjadi 306K.

Biro Statistik Tenaga Kerja menunjukan bahwa harga impor AS telah naik 0.1%, dari -0.4% di bulan sebelumnya. Analis telah memperkirakan harga impor AS untuk naik menjadi 0.2%.

Menurut data yang telah dikumpulkan oleh Biro Sensus AS, penjualan ritel AS telah alami kenaikan 0.3% yang disesuaikan secara musiman, dari 0.1% di bulan sebelumnya. Analis telah memperkirakan penjualan ritel AS untuk naik menjadi 0.5% di bulan Mei.

Sementara itu, Penjualan ritel inti AS untuk bulan Mei, telah naik 0.1%, dari 0.0% di bulan sebelumnya. Analis telah memperkirakan penjualan ritel inti AS untuk naik menjadi 0.4%.