Emas Turun Tipis Karena Aksi Profit-Taking Dan Rebound Dolar

Rifan Pekanbaru – Harga emas di sesi Asia pada hari Jumat (19/05) ini terpantau melandai, tapi masih diperdagangkan di level tinggi, sejalan dengan kekhawatiran pelaku pasar tentang krisis politik AS. Permintaan logam mulia emas yang masih relatif tinggi mendorong emas untuk mencetak kenaikan mingguan terbesar sejak April.

harga emas

Harga Emas Di Level Tinggi Ditengah Gejolak Politik AS

Saat ini harga emas cenderung meningkat, seiring dengan adanya kekacauan yang ditimbulkan oleh Presiden AS, Donald Trump. Trump dikabarkan berkolusi dengan Rusia dalam kampanye pemilu tahun lalu.

Presiden Negeri Paman Sam ini tengah menghadapi krisis politik, termasuk adanya laporan bahwa ia menekan Direktur FBI, James Comey untuk membatalkan penyelidikan terhadap mantan penasihat keamanan nasional AS, Michael Flynn. Reuters melaporkan bahwa Michael Flynn dan tim kampanye Donald Trump lainnya berkomunikasi dengan Rusia dalam 18 telepon dan email selama masa pemilu Presiden AS tahun 2016.

Mengingat ada potensi dampak negatif yang bakal mengguncang Gedung Putih, sebagian besar pelaku pasar menilai serangkaian kebijakan ekonomi Trump akan tertunda.

“Para investor saat ini khawatir tentang impeachment untuk Donald Trump”, ucap Brian Lan, Managing Director di GoldSilver Central, Singapura. Brian Lan berpendapat permintaan aset safe haven akan cenderung tinggi karena isu impeachment Donald Trump tersebut.

Harga Emas Sempat Melandai Karena Profit-Taking Investor

Harga logam mulia emas sedikit turun di sesi Asia ini karena positifnya serangkaian data ekonomi AS kemarin dan adanya profit-taking oleh para investor. Rilis data Philadelphia Fed Manufacturing untuk bulan Mei yang menguat signifikan menjadi 38.8 daripada sebelumnya 22.0 dan data Initial Jobless Claims hanya bertambah sebanyak 232,000.

“Selain karena rebound Dolar sejalan dengan rilis data ekonomi AS yang positif, penurunan tipis harga emas di sesi ini juga disebabkan oleh aksi profit-taking investor,” kata Mark O’Byrne, Research Director di GoldCore Ltd.

Saat berita ini diturunkan, harga emas spot turun ke kisaran harga 1,248 Dolar AS dan harga emas berjangka untuk pengiriman bulan Juni mengalami penurunan sebesar 0.38 persen menjadi diperdagangkan di level 1,248 Dolar AS per troy ons.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Lihat : Rifanfinancindo

Sumber : seputarforex