Emas Turun Tipis, Logam Lainya Terpukul Keras

+

Rifan Financindo Berjangka ? Emas gagal membukukan kenaikan pada sesi perdagangan hari Senin, meskipun reputasinya sebagai asste perlindungan pada saat terjadi gejolak pasar tetap berkibar. Sementara jenis logam lainnya justru terpukul karena tekanan terbaru yang dialami pasar saham global. Investor cemas tentang keadaan semakin melemahnya ekonomi Tiongkok karena akan memperburuk prospek permintaan untuk logam industri.

Emas untuk pengiriman Desember kehilangan $ 6 atau 0,5% untuk selanjutnya menetap di level $ 1,153.60 per ounce. Tembaga bermutu tinggi, salah satu logam import China yang terbesar terseret 1,9% ke level $ 2,259 per pon, nilai kontrak terendah dalam lebih dari enam tahun. Perak untuk pengiriman September juga terpangkas 53,9 sen atau 3,5% ke level $ 14,762 per ounce.

?Secara psikologis, aksi jual yang terjadi secara masif dapat dimengerti mengingat bahwa hard landing ekonomi Tiongkok akan memukul logam dasar.Secara keseluruhan, Tiongkok menyumbang sekitar setengah dari total permintaan logam, ?kata analis di Commerzbank dalam sebuah catatan.

?Dari sudut pandang fundamental, bagaimanapun, ada sedikit pembenaran untuk kelemahan harga logam saat ini, seperti digambarkan statistik perdagangan logam Tiongkok untuk bulan Juli. Data menunjukkan bahwa permintaan Tiongkok untuk logam tetap kokoh di bulan Juli, ?ucap mereka menambahkan.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/emas-turun-tipis-logam-lainya-terpukul-keras/