RIFAN FINANCINDO PEKANBARU | Faktor-Faktor Yang Dapat Mendorong Harga Emas Naik Ke 1,300

Rifan-pekanbaru – Harga saham Wall Street yang loyo masih menjadi harapan terbaik bagi harga emas untuk naik ke level $1,300. Memanasnya tensi perang dagang dan potensi menangnya Partai Demokrat dalam pemilu parlemen AS bulan ini, juga bisa menjadi motor penggerak harga emas.

Di sesi perdagangan Jumat (02/November) malam, harga emas futures di Comex turun 0.4 persen ke $1,233.30 per troy ons. Namun dalam rentang sepekan, harga emas masih menunjukkan kenaikan 0.1 persen. Sejak tanggal 21 September, emas selalu mengakhiri pekan dengan kenaikan. Jika diakumulasi selama lima minggu berturut-turut, kenaikan harga emas mencapai 3.5 persen.

Kendati kenaikan, suku bunga Federal Reserve AS–yang terindikasi akan naik keempat kalinya bulan Desember depan–mengancam penguatan harga emas. Namun logam mulia tersebut sukses bertahan di atas level psikologis $1,200. Level tersebut adalah level psikologis krusial bagi para buyer di pasar.

Gejolak Pasar Saham Dan Perang Dagang AS-China

Analis mengatakan, kondisi pasar saham global yang masih bergejolak dan pasang surut negosiasi perdagangan AS-China, menyokong daya tarik logam mulia sebagai safe haven.

faktorfaktor-yang-dapat-mendorong-harga-emas-ke-level-1300-286015-26293

Menurut saya, hal-hal tersebut merupakan pokok utama yang akan membawa harga emas ke level harga berikutnya,” kata Tom Beller, Ahli Komoditas Logam Mulia di RJO Chicago. Ia mengekspektasikan emas akan menembus level $1,270, apabila resisten $1,246 tertembus.

Pasar saham AS memperpanjang penurunnya kemarin malam, gara-gara memudarnya optimisme akan tercapainya kesepakatan dagang AS-China. Penasihat ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow, mengonfirmasi bahwa Presiden AS Donald Trump belum meminta staf-staf yang berkepentingan untuk menyusun rencana proposal perdagangan dengan China. Hal ini praktis memadamkan ekspektasi dari rumor yang sempat berhembus.

Potensi Kemenangan Partai Demokrat

Sementara itu, sebagian investor membeli emas untuk difungsikan sebagai hedging dari kemungkinan menangnya Partai Demokrat dalam Pemilu Parlemen Selasa depan. Hal ini menjadi tantangan bagi Partai Republik jika ingin mempertahankan Trump di kursi presiden.

“Menurut saya, jika Demokrat menang, maka ini akan menjadi penggerak terbesar bagi harga emas karena akan bertindak sebagai (asset) hedging,” kata Walter Pehowich, Wakil Presiden Dillon Gage Metals Addison di Texas. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : rifan-pekanbaru

Sumber : Seputar Forex