Federal Reserve Masih Mempertahankan Tingkat Suku Bunga

PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA ? ?Federal Reserve mempertahankan suku bunga tidak berubah, tapi mengatakan bahwa kenaikan suku bunga kemungkinan akan terjadi dalam waktu dekat.

Ada tiga ketaksepakatan dalam kasus kenaikan suku bunga pada pertemuan ini. Dalam pernyataannya, komite kebijakan Fed mengatakan ?kasus untuk peningkatan dana federal telah menguat, tetapi memutuskan untuk saat ini untuk menunggu bukti lebih lanjut yang dapat mendukung kenaikan ini.?

The Fed juga mengatakan bahwa risiko yang dihadapi perekonomian muncul dalam porsi yang seimbang. Ini adalah pertama kalinya The Fed begitu optimis tentang prospek sejak bulan Desember lalu ketika menaikkan tarif untuk pertama kalinya sejak tahun 2006.

Informasi yang diterima sejak Komite Pasar Terbuka Federal bertemu pada bulan Juli menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja terus menguat dan pertumbuhan kegiatan ekonomi telah meningkat dari kecepatan moderat pada semester pertama tahun ini. Meskipun tingkat pengangguran sedikit berubah dalam beberapa bulan terakhir, keuntungan pekerjaan terpantau solid. Pengeluaran rumah tangga telah tumbuh dengan kuat tapi investasi bisnis tetap rendah.

Konsisten dengan mandat hukum, Komite berupaya untuk membina kerja maksimum dan stabilitas harga. Komite berharap, dengan penyesuaian bertahap dalam sikap kebijakan moneter, kegiatan ekonomi akan berkembang pada kecepatan moderat dan kondisi pasar tenaga kerja akan menguat lebih jauh. Inflasi diperkirakan akan tetap rendah dalam waktu dekat, sebagian karena penurunan sebelumnya dalam harga energi, tetapi untuk naik ke 2% dalam jangka menengah sebagai efek sementara dari penurunan dalam harga energi dan impor pada waktu yang lalu memudar dan pasar tenaga kerja kembali optimis. Risiko jangka pendek terhadap prospek ekonomi juga terpantau kira-kira seimbang. Komite terus memantau indikator inflasi dan perkembangan ekonomi serta keuangan global.

Dengan latar belakang ini, Komite memutuskan untuk mempertahankan kisaran target untuk tingkat dana federal 1/4 sampai 1/2%. Komite memandang bahwa kasus untuk peningkatan tingkat dana federal telah menguat tetapi memutuskan, untuk saat ini, menunggu bukti lebih lanjut dari kemajuan lanjutan menuju tujuannya. Sikap kebijakan moneter tetap akomodatif, sehingga mendukung perbaikan lebih lanjut dalam kondisi pasar tenaga kerja dan kembali ke 2% inflasi.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber :financeroll