GDP Inggris Q4 Tak Seburuk Perkiraan, GBP/USD Tergelincir

Rifan Pekanbaru – Ekonomi Inggris tumbuh lebih cepat daripada eskpektasi di kuartal keempat tahun 2016. Pertumbuhan Domestik Bruto (GDP) Inggris tersebut juga lebih tinggi daripada estimasi pendahuluannya. ONS pada hari Rabu (22/Feb) sore ini melaporkan, GDP Inggris naik 0.7 persen di kuartal keempat dibandingkan dengan kuartal ketiga. Angka tersebut naik tipis dari estimasi pendahuluan di angka 0.6 persen.

gbpusd

Dalam basis YoY, pertumbuhan Inggris secara aktual lebih rendah daripada estimasi awalnya, dimana kenaikan hanya 2.0 persen dari 2.2 persen. Akan tetapi, Investasi Bisnis anjlok. Investasi Bisnis Inggris merosot hingga 1.0 persen di kuartal keempat dibandingkan dengan kuartal ketiga. Ini merupakan penurunan pertama sejak awal tahun.

Sedangkan, Belanja Masyarakat Inggris tumbuh lebih lambat di kuartal terakhir tersebut. Data yang terpisah menunjukkan bahwa dominasi sektor jasa Inggris pada bulan Desember berekspansi dalam laju yang paling lambat dalam tujuh bulan terakhir.

Data GDP Inggris kuartal 4 merupakan data yang ditunggu-tunggu setelah Inggris memutuskan untuk hengkang dari keanggotaan Uni Eropa. Secara umum, mayoritas perkiraan yang menyebut bahwa ekonomi Inggris akan tamat setelah keluar dari Uni Eropa, rupanya terpatahkan meski Pound sempat terempas.

Tak Seburuk Perkiraan

Data-data ekonomi berhasil bertahan dengan cukup gemilang. Bahkan, GDP Inggris saat ini sudah tumbuh hingga 16 kuartal berturut-turut. Kemerosotan GDP Inggris tahun 2012 justru masih lebih parah ketimbang setelah Brexit. Perekonomian Inggris kembali bangkit setelah digelarnya Olimpiade London tahun 2012.

“Secara umum, sektor jasa masih dominan dan tumbuh stabil bersama dengan Belanja Konsumen. Walaupun demikian, belanja ritel menunjukkan sinyal pelemahan di dua kuartal terakhir 2016 dan berlanjut hingga Januari 2017,” kata Kepala ONS untuk divisi GDP, Darren Morgan.

GBP/USD melorot menuju low 1.2447 setelah GDP Inggris dilaporkan. Meski demikian, pergerakan GBP/USD tampak terkonsolidasi sejak tanggal 15 Februari.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Lihat :  Rifanfinancindo

Sumber : seputarforex