Gejolak Politik AS Sokong Kenaikan Harga Emas

Rifan Pekanbaru – Harga Logam Mulia Emas melesat dengan cepat sepanjang sesi perdagangan hari Rabu (17/5), mencatatkan kenaikan hari ke-5 secara beruntun yang disebabkan oleh belum redanya gejolak politik AS yang menekan pergerakan Greenback sejak pertengahan pekan lalu. Selain itu data ekonomi AS yang dirilis baru baru ini cukup mengecewakan, sekaligus meredupkan probabilitas Rate Hake Fed bulan Juni mendatang.

Gejolak Politik AS Sokong Kenaikan

Semakin panasnya kondisi politik AS setelah Presiden Trump diduga membocorkan rahasia Negara kepada Menteri Luar Negeri Russia. Trump berada dibawah tekanan mengingat banyak pihak meminta penjelasan dari beliau terkait keputusan memecat direktur FBI, James Comey. Publik AS merasa ada semacam skandal yang dilakukan Trump untuk mengintervensi penyelidikan FBI (dengan memberhentikan Comey).

Gaduhnya politik Negeri Paman Sam alhasil langsung membuat Greenback terkapar terhadap sebagian besar mata uang mayor dalam beberapa hari terakhir hingga berada dekat level terendah 6 bulan. Yield Obligasi AS juga tertekan sehingga menarik minat Investor untuk beralih ke Emas.

“Yields Obligasi  yang bergerak menurun dan pelemahan Dollar AS telah mendorong Emas untuk kembali menguat. Ketidakpastian politik yang terjadi saat ini (Di AS) telah menekan Dollar”, ucap Analis ABN AMRO, Georgette Boele.

Investor kian ragu terhadap kinerja Trump dalam upaya mewujudkan rencana Stimulus dan pemotongan pajak. Ketidakpastian politik AS sekaligus memburuknya rilis data Fundamental terbukti meredupkan probabilitas kenaikan suku bunga Fed bulan Juni. Berdasarkan Fed Watch Tool milik CME Group terlihat adanya penurunan probabilitas. Diawal bulan Mei, probabilitas Rate Hike Fed berada di angka 90 persen dan sekarang telah turun menjadi 70 persen saja.

“Dollar AS yang sempat menyentuh rekor tertinggi 14 tahun di bulan Januari lalu akibat antisipasi pasar terhadap rencana Stimulus Trump telah jatuh sekarang. Kemungkinan (kejatuhan Dollar) akan terus berlanjut”, Boele menambahkan.

Pada pukul 19:44 WIB malam ini, Emas diperdagangkan pada level $1,249.2 per ounce atau melonjak sebesar 1.1 persen sejak pembukaan sesi Asia tadi pagi. Emas juga telah menguat 1.7 persen sejak awal pekan. Sementara itu Emas Futures AS naik 0.8 persen menjadi $1,245.8 per ounce, Emas berpeluang mencatatkan kenaikan mingguan pertama setelah penurunan selama 4 pekan beruntun sebelumnya.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Lihat : PT Rifan Financindo

Sumber : seputarforex