Greenback masih konsolidasi

Rifan Financindo Berjangka – Mata uang dolar Amerika pada perdagangan di pasar Asia ini cenderung bergerak konsolidasi dalam range yang tidak terlalu lebar, para spekulan memanfaatkan rally greenback dengan profit taking di awal pekan ini. Mininmnya indikator ekonomi yang signifikan telah menahan para investor untuk tidak mendorong penguatan dolar AS lebih jauh lagi meskipun secara umum greenback masih mempertahankan dominasinya terhadap major currencies lainnya.

Para investor masih menantikan serangkian indikator ekonomi dari Amerika lainnya sebagai acuan akan proyeksi kebijakan moneter Federal Reserve selanjutnya. Sekedar flash back pada data Amerika terakhir yaitu solidnya data ketenagakerjaan Amerika yang telah dirilis pada akhir pekan lalu telah mencuatkan kembali spekulasi kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve Amerika.

Mata uang euro ?masih bisa bertahan dari keterpurukan lebih lanjut seiring dengan perkembangan positif pelonggaran kebijakan moeneter eropa. Kesepakatan terkait dengan bantuan dana talangan terhadap Yunani untuk sementara ini telah mredakan kerisauan akan masa depan Yunani dalam pemyelesaian utangnya. Namun langkah reformasi keuangan Yunani ini masih diragukan bisa menyelesaikan masalah utang Yunani secara menyeluruh dan akan terus membayangi mata uang tunggal eropa ini.

Untuk perdagangan hari ini tidak banyak data ekonomi yang bisa mempengaruhi pergerakan pasar, hanya ada data industri produksi Perancis yang diperkirakan bisa menurun, data JOLTS Job Openings AS dengan estimasi sedikit menurun dan fokus pasar malam nanti menantikan pernyataan dari pimpinan bank sentral U.K Mark Carney.

Untuk pergerakan hari ini kami memperkirakan dolar AS kemungkinan masih akan bergerka konsolidasi terhadap major currencies lainnya. ?Minimnya indikator ekonomi yang signifikan akan membuat para investor kurang bergairah mendorong penguatan greenback lebih jauh lagi. Tren secara umum masih berpihak pada greenback karena isu dominan akan proyeksi kebijakan moneter Federal Reserve AS masih akan menjadi penentu penguatan dolar AS berikutnya.

Sumber :?http://financeroll.co.id/expert-comment/greenback-masih-konsolidasi/