Harga Emas Anjlok

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA ? Emas berada dalam laju penurunan di perdagangan sesi Asia, senin (29/8). Iinvestor mengambil pernyataan pada akhir minggu lalu oleh Ketua Fed Janet Yellen dengan keputusan berdasarkan data untuk menaikkan suku bunga AS.

Divisi Comex New York Merchantile Exchange, spot emas untuk pengiriman Desember -0.45% di level $1.319.65 troy ons. Di minggu ini, data nonfarm payrolls AS menjadi sorotan bersama dengan data pada sektor manufaktur Tiongkok, di tengah-tengah keprihatinan yang berkelanjutan atas kesehatan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Pekan lalu, harga emas membalik antara keuntungan dan kerugian sebelum berakhir sedikit berubah seiring pasar menilai kemungkinan kenaikan suku bunga pada pertemuan Federal Reserve berikutnya di bulan September. Ditunggu-tunggu oleh para investor dan pelaku pasar, pidato ketua gubernur Federal Reserve Janet Yellen di simposium Jackson Hole jumat lalu, kasus mengenai kenaikan suku bunga AS telah ?memperkuat? dalam beberapa bulan terakhir karena perbaikan di pasar tenaga kerja dan harapan untuk pertumbuhan ekonomi yang solid. Namun, dirinya tidak menunjukkan ketika Fed akan bertindak, dirinya hanya menyampaikan bahwa tingkat suku bunga akan naik lebih tinggi tergantung pada data ekonomi yang masuk.

Berbicara tak lama setelah itu, wakil ketua Fed Stanley Fischer mengatakan pidato Yellen ?konsisten? dengan harapan untuk mungkin dua lebih kenaikan tingkat pada tahun ini, membuka pintu untuk kenaikan pada bulan September. Logam mulia sensitif untuk pergerakan kenaikan tingkat suku bunga US yang mengangkat biaya oportunitas, sementara meningkatkan dolar AS.

Pada perdagangan Comex lainnya, spot perak berjangka turun -1.24% di level $18.420 troy ons, namun tembaga mengalami kenaikan 0.07% di level $2.086 troy pound.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber :?financeroll