Harga Emas dan Perak Rally, Pasar Nantikan Laporan Kebijakan BOJ

Rifan Financindo Berjangka?? Perdagangan bursa komoditas logam mulia di hari Jumat(19/12), harga emas dan perak telah diperdagangkan lebih tinggi menjelang dirilisnya laporan kebijakan Bank Sentral Jepang.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka pengiriman Februari telah diperdagangkan lebih tinggi 0.35% di level $1.199.00 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Sejak perdagangan pagi ini, harga emas terlihat menyentuh level $1.195.90 untuk sesi terendah harian dan level $1.199.40 untuk sesi tertinggi harian.

Pada perak berjangka pengiriman Maret juga terpantau diperdagangkan lebih tinggi 0.14% di level $15.957 per troy ounce, dengan terpantau menyentuh level $15.860 untuk sesi terendah harian dan level $15.977 untuk sesi tertinggi harian.

Kenaikan yang dialami oleh harga emas dan perak telah terjadi ketika melemahnya aktifitas manufaktur di wilayah Philadelphia. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Federal Reserve wilayah Philadelphia menyatakan bahwa index manufaktur telah mengalami penurunan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 24.5.

Akan tetapi, tekanan bagi melemahnya harga logam juga terjadi di sesi sebelumnya ketika membaiknya kondisi pasar tenaga kerja AS yang mana berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS telah menunjukkan bahwa angka klaim pengangguran di wilayah AS telah alami penurunan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 289.000.

Sementara itu, pada hari ini pasar akan dihadapkan dengan sebuah laporan kebijakan dari Bank Sentral Jepang. Sejalan dengan hasil laporan Bank Sentral Jepang tersebut, apabila pernyataan dari Bank Sentral Jepang bersifat ?hawkish? maka hal ini merupakan sebuah peluang bagi emas untuk mempersolid kenaikan dengan bergerak ke atas, sedangkan apabila penyataan Bank Sentral Jepang bersifat ?dovish? hal ini merupakan sebuah ancaman bagi harga emas untuk kembali alami pelemahan.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/harga-emas-dan-perak-rally-pasar-nantikan-laporan-kebijakan-boj/