Harga Emas Melejit

Rifan Financindo Berjangka ? Berita commodity metals di hari Jumat(1/7), harga emas dan perak terpantau mengalami kenaikan ketika adanya indikasi pertumbuhan yang stabil pada ekonomi Tiongkok. Di sisi lain, hambatan pertumbuhan ekonomi Jepang telah menekan dollar AS melemah kali ini.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka kontrak Agustus terpantau naik 0.77% di level $1.330.35 per troy ounce di divisi Comex, AS. Sejak pagi ini, pergerakan emas telah bergerak menyentuh level low di $1.323.00 dan level high di $1.332.35. Sedangkan untuk perak berjangka kontrak September terpantau 2.26% di level $19.038 per troy ounce.

Harga emas terlihat mendapat? keuntungan pada hari ini ketika adanya indikasi pertumbuhan ekonomi yang stabil di Tiongkok. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh CFLP menyebutkan bahwa PMI manufaktur Tiongkok mengalami penurunan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 50.0 di bulan Juni dari 50.1 di bulan Mei. Di tempat lain, PMI non-manufaktur Tiongkok telah mengalami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 53.7 di bulan Juni dari 53.1 di bulan Mei.

Sementara itu, indikasi pelemahan pertumbuhan ekonomi Jepang pagi ini juga telah menjadi faktor lain yang mendorong harga emas mengalami kenaikan saat ini. Hambatan pertumbuhan ekonomi Jepang sendiri telah menekan permintaan dollar AS untuk alami pelemahan.

Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Statistics Bureau menyebutkan bahwa pertumbuhan inflasi Jepang naik 0.1% di bulan Mei setelah naik 0.2% di bulan April dan dalam basis tahunannya, pertumbuhan inflasi Jepang mengalami penurunan 0.4% di bulan Mei setelah turun 0.3% di bulan April. Pada pertumbuhan inflasi inti Jepang, juga terpantau turun 0.4% di bulan Mei setelah turun 0.3% di bulan April.

Di waktu yang bersamaan, laporan resmi yang dirilis oleh Statistics Bureau menyebutkan bahwa belanja rumah tangga Jepang mengalami penurunan sebesar 1.1% di bulan Mei setelah alami kenaikan sebesar 0.2% di bulan April dan untuk tingkat pengangguran Jepang masih terpantau stabil 3.2% di bulan Mei dari 3.2% di bulan April.(Mbs -?Rifan Financindo Berjangka)

Sumber :?financeroll