Harga Emas Melompat

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA ? Emas manmbahkan keuntungan di perdagangan Eropa kamis sore (28/7), ditengah Federal Reserve yang belum memberikan indikasi apakah suku bunga akan naik pada pertemuan berikutnya pada bulan September.

Divisi Comex New York Merhcanitle Exchange, spot emas untuk pengiriman Agustus naik 1.07% di level $1,348.70 troy ons. Sebelumnya, Federal Reserve masih mempertahankan suku bunga acuannya di level 0.25-0.50 persen, dimana hal tersebut dikarenakan risiko jangka outlook ekonomi AS yang telah berkurang. Namun, bank sentral juga masih tetap tidak berhenti terhadap inflasi, dan perkembangan pasar findansial sebagai pertimbangan dalam keputusan rapat mendatang.

Dalam sebuah polling saat ini, kenaikan suku bunga di bulan September berada di level 18%, sedangkan pada bulan Desember peluang berada di sekitar 46%, turun dari 52% pada awal minggu. Logam kuning sensitif dengan pergerakan suku bunga US.

Si kuning sampai saat ini hampir di level 25% kenaikan, didorong atas keprihatinan pertumbuhan global dan ekspektasi stimulus moneter. Harapan moneter stimulus cenderung mendapatkan keuntungan emas, seperti logam yang dilihat sebagai suatu aset safe haven dan inflasi hedge yang aman.

Pada perdagangan Comex lainnya, spot perak berjangkan untuk pengiriman bulan September naik 2,54% dilevel $20.502 troy ons, sementara tembaga berjangka juga naik 0.95% ke level $2.207 troy pound.(Mbs-rifan financindo berjangka)