Harga Emas Mengendur, Komentar Menhan AS Redakan Tensi AS-Korut

Rifanfinancindo pekanbaru – Harga emas melandai di sesi perdagangan Senin (14/Agustus) sore ini. Logam mulia tersebut terseret turun dari level tertinggi dua bulannya di tengah konflik geopolitik antara AS dan Korea Utara.

emas-di-tangan

Padahal, di akhir pekan lalu, harga emas sempat menjangkau level tinggi tiga hari, serta menduduki level terkuat dalam empat bulan. Hal itu terjadi karena fungsi emas sebagai safe haven di tengah kemelut politik.

Namun sore ini, harga emas nampak mulai bergerak turun. Di Comex, emas futures turun sebesar $1.80 atau sekitar 0.1 persen, dan diperdagangkan pada harga $1,292.18 per troy ons. Sedangkan dalam chart XAU/USD harga emas tampak sudah menukik ke level $1,280.84.

Kementerian Pertahanan Dan Keamanan AS Pakai Taktik Diplomatis

Menurut laporan Investing.com, loyonya dorongan naik untuk emas pada hari ini adalah dampak dari mengendurnya ketegangan politik AS-Korut, khususnya setelah Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis, serta Menteri Sekretaris Negara, Rex Tillerson, menyatakan bahwa pemerintahan Trump akan menyelesaikan masalah ini dengan menggunakan pendekatan diplomatis.

Di samping itu, Direktur Agen Intelijen Pusat, Mike Pompeo, serta Penasihat Keamanan Nasional AS, H.R. McMaster, mengatakan tak ada indikasi perang dengan Korea Utara. Komentar-komentar melegakan dari para pihak berwenang tersebut seketika meredakan pasar yang panik akibat pernyataan Presiden Donald Trump akhir pekan lalu. Presiden AS tersebut sempat mencuit melalui akun Twitter-nya, bahwa pasukan militer untuk melawan Korea Utara sudah disiagakan dan siap beraksi sewaktu-waktu.

Selain gejolak geopolitik, pasar juga masih memonitor data-data ekonomi, khususnya AS. Selasa besok, negara tersebut akan merilis data Penjualan Ritel. Jumat malam lalu, Dolar AS dikecewakan oleh lemahnya data CPI AS untuk bulan Juli.

Sebagai informasi tambahan, pagi tadi, harga emas ANTAM diperdagangkan pada harga Rp601.000 per gram. Turun Rp2,000 dibandingkan harga emas batangan ANTAM minggu lalu di harga Rp603,000 per gram. Sedangkan harga buyback hari ini dipatok pada Rp537,000 per gram.( Mbs-rifan financindo berjangka )

Lihat : Rifanfinancindo

Sumber : seputarforex