Rifan Financindo Pekanbaru | Harga Emas Naik Akibat Aksi Bargain-Hunting Para Investor

Rifan Financindo Pekanbaru – Harga emas naik terbatas di sesi perdagangan Selasa (13/November) malam ini. Sebab, para investor melakukan bargain-hunting setelah harga emas jatuh ke level rendah satu bulan gara-gara Dolar AS yang menguat. Harga emas spot naik 0.2 persen ke $1,202.57, menguat dari level terendah sejak tanggal 11 Oktober. Sementara itu, harga emas futures flat di posisi $1,203.8 per ons.

“Sudah agak lama sejak kita melihat (tercapainya) level ini lagi, jadi menurut kami, ini waktunya beli,” kata Ronald Leung, Kepada Dealer di Lee Cheong Gold Dealers di Hong Kong. “Namun, Dolar AS yang menguat membatasi pasar (emas),” tambahnya.

Indeks Dolar AS yang mengukur kekuatan Dolar terhadap mata uang-mata uang mayor, mencapai level 97.69 pada hari Senin kemarin. Namun malam ini, penguatan Indeks Dolar sudah sedikit mereda.

Perkembangan Konflik Dagang AS-China Dan Ketidakpastian Politik Eropa

Selain karena aksi bargain-hunting, naiknya harga emas malam ini juga dikarenakan oleh perkembangan positif hubungan dagang AS-China. Pasar mengharapkan kesepakatan kedua negara tersebut dapat tercapai, setelah munculnya kabar yang menyebutkan bahwa Wakil PM China akan didelegasikan ke AS, sebelum pimpinan kedua negara bertemu di acara KTT G-20 akhir bulan ini.

harga-emas-naik-akibat-bargainhunting-286157-24202

Di samping itu, ketidakpastian politik yang masih menjerat Eropa juga menopang harga emas; Italia masih disibukkan dengan revisi anggaran pemerintahnya, sementara Inggris masih terbelit Brexit.

“Kita mungkin akan melihat pengujian kembali di level $1,200 sebelum uptrend (harga emas) berlanjut,” kata trader MKS PAMP dalam catatannya yang dikutip oleh Reuters.

Trader tersebut menambahkan bahwa ketidakpastian politik dan melemahnya ekuitas global, semestinya dapat mendongkrak permintaan terhadap emas sebagai safe haven dalam jangka menengah.  ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifan financindo pekanbaru

Sumber : Seputar Forex