Harga Emas Naik, Impor Emas India Turun

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA ? Impor emas India mengalami penurunan dalam satu semester pertama tahun ini, pasalnya adalah kenaikan harga emas. Tahun ini, harga emas telah naik 29% atas dorongan sentimen tertundanya kenaikan suku bunga AS dan kondisi geopolitik global yang tidak menentu.

Pihak pemerintah India

Penurunan terjadi sangat nyata, sebesar 77% atau sebanyak 22 metrik ton, dalam satu semester dibandingkan semester yang sama di tahun lalu. Penurunan ini setara dengan 61 milyar Rupee atau $911 juta. Pada bulan Juni, India hanya mengimpor 32 ton emas. Pihak pemerintah India belum memberikan komentar atas temuan Bloomberg ini.

Bagi para konsumen, harga saat ini dianggap terlalu tinggi, oleh sebab itu mereka berharap akan adanya koreksi ditengah tren kenaikan harga emas saat ini. Para pengrajin perhiasan emas sendiri tidak membuat persiapan yang lebih banyak menyambut banyaknya festival sepanjang bulan-bulan Agustus hingga Oktober tahun ini.

Kenaikan harga emas dipasar global memukul impor emas india menurut data kementrian keuangan India sebesar 52 persen atau sebanyak 218 ton disemester pertama tahun ini. Jumlah komoditas emas yang dikirim masuk ke India diperkirakan menurun hingga keposisi terendah dalam tujuh tahun ini atau sekitar 700 ton ditahun ini. Ada harapan terjadi kenaikan pembelian perhiasan emas ditahun 2017 setelah harga mengalami stabilisasi diharga puncaknya.

Emas marak dibeli oleh masyarakat India dimasa perayaan-perayaan dan perkawinan-perkawinan. Emas menjadi bagian dari bingkisan yang dipersembahkan oleh pengantin dan kerabatnya. Rakyat India hampir sepenuhnya mengimpor emas yang mereka konsumsi. Setidaknya dalam catatan World Gold Council sebesar 864,3 ton ditahun 2015.(Mbs-RIFAN FINANCINDO BERJANGKA)

Sumber :?financeroll