PT Rifan financindo | Harga Emas Naik Ke Level Tinggi 5 Bulan Di Kisaran 1250 N Sabila

PT Rifan financindo – Harga emas naik ke level tinggi lima bulan di sesi perdagangan Rabu (19/Desember) sore ini, akibat melemahnya Dolar AS jelang pengumuman kebijakan moneter The Fed dini hari nanti. Bank sentral AS tersebut diekspektasikan bakal menaikkan suku bunga dua kali saja di tahun depan.

Harga emas spot naik 0.1 persen ke $1,250.56 per ounce pada pukul 15:23 WIB. Begitupula harga emas futures di Comex New York yang naik 0.1 persen ke level $1,254.40. Saat berita ini ditulis pada pukul 16:28 WIB, grafik harian XAU/USD di bawah ini menunjukkan kenaikan tipis 0.05 persen ke 1,249.88:

rifan-pekanbaru.com

“Sebagian besar pelaku pasar menahan (posisi) karena semua orang sedang fokus ke rapat FOMC… Menurut kami, harga secara umum sedang bergerak dalam range-bound… Pasar mengekspektasikan empat kali kenaikan (suku bunga AS), tetapi yang lebih penting adalah petunjuk kebijakan untuk tahun 2019,” kata Benjamin Lu, analis komoditas di Phillip Futures Singapura.

Spekulasi Fed Hike 2019 Dan Tekanan Dari Trump

Dolar AS melemah di sepanjang sesi Asia hari ini, karena meningkatnya spekulasi bahwa kenaikan suku bunga The Fed tahun depan tak akan agresif lagi. Menurunnya prospek kenaikan suku bunga membuat Dolar AS melemah, sehingga biaya kepemilikan emas dalam Dolar AS menjadi lebih murah.

rifan-pekanbaru.com

Di samping itu, Presiden AS Donald Trump juga mengawasi rapat kebijakan moneter The Fed. Kemarin malam, Trump kembali mewanti-wanti supaya dewan The Fed tak melakukan “kekeliruan lagi”, khususnya dalam hal kenaikan suku bunga.

Menanggapi hal tersebut, analis Ajay Kedia dari Kedia Commodites Mumbai, mengatakan bahwa data ekonomi AS yang mulai menurun belakangan ini dan tekanan dari Trump, sedikit banyak memang memengaruhi performa Dolar AS dan harga emas. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : PT Rifan Financindo

Sumber : Seputarforex