Rifanfinancindo | Harga Emas Naik Menuju Level Mingguan Tertinggi, Menanti NFP AS

Rifanfinancindo – Harga emas naik di sesi perdagangan Jumat (07/Desember) sore ini. Dalam jangka waktu mingguan, pergerakan tersebut berpotensi menghasilkan kenaikan tertinggi emas dalam 15 pekan. Penyebabnya adalah Dolar AS yang sedang tertekan oleh spekulasi terbaru tentang kenaikan suku bunga The Fed.

Menunggu Petunjuk Rate Hike Fed

Para trader emas mendapat keyakinan baru, setelah Wall Street Journal melaporkan bahwa para pejabat Federal Reserve sedang mempertimbangkan perubahan kebijakan terhadap suku bunga; ada wacana untuk menggunakan pendekatan wait-and-see setelah menaikkan suku bunga pada bulan Desember ini. Sebab itulah, penguatan Dolar AS menjadi tertahan.

rifan-pekanbaru.com

Dalam rapat FOMC minggu depan, konsensus pasar masih mengekspektasikan kenaikan suku bunga. Namun untuk tahun depan, Fed Rate Hike diperkirakan hanya akan terjadi sekali saja.

“Harga emas sensitif terhadap perubahan kebijakan moneter… Kalau kenaikan suku bunga melambat, saya rasa akhir tahun ini harga emas bisa mencapai $1,250-$1,260, yang kemungkinan akan mudah dijangkau oleh emas,” kata Mark To, Kepala Riset Wing Fung Precious Metals di Hong Kong.

Mengamini prediksi analis tersebut, seorang trader di Hong Kong yang diwawancarai oleh Reuters, mengatakan bahwa emas diperdagangkan sideways dalam beberapa hari terakhir. Menurutnya, harga emas seakan masih mencari kejelasan. “Kami memperdagangkan (emas) di posisi $1,240 dengan resisten $1,245 dan support yang stabil,” kata trader tersebut.

Menantikan NFP AS

Untuk fokus jangka pendek, para investor emas akan mengawasi rilis data ketenagakerjaan AS malam ini, guna mendapatkan pandangan lebih lanjut untuk memprediksi arah kebijakan The Fed ke depan. Di bulan November 2018, diperkirakan NFP akan bertambah 198,000 jobs, turun dari hasil periode sebelumnya yang sebanyak 250,000 jobs.

Kemarin, kenaikan harga emas terbilang cukup tipis. Namun saat berita ini ditulis pada pukul 17:02 WIB, penguatan terlihat makin mantap dengan XAU/USD yang naik 0.23 persen ke 1,240.20. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifanfinancindo

Sumber : Seputarforex