0

RIFAN FINANCINDO PEKANBARU | Harga Emas Naik Terbatas Di Tengah Pelemahan Dolar

RIFAN FINANCINDO PEKANBARU – Harga emas tak juga menunjukkan kenaikan signifikan di tengah pelemahan Dolar AS Rabu (08 Agustus) hari ini. Logam mulia hanya menunjukkan kenaikan harga yang terbatas, dengan harga emas spot yang naik 0.2 persen ke $1,213.02 per troy ons pada pukul 13:40 WIB, serta harga emas futures untuk pengiriman Desember yang naik 0.29 persen ke $1,221.7 per troy ons.

emas

Investor Belum Khawatirkan Dampak Perang Dagang

Dolar secara umum masih melemah meskipun saat berita ini ditulis, indeks DXY sudah naik ke level 95.23 dalam time frame H4. Pasar belum terlalu mencemaskan kemungkinan negatif yang ditimbulkan kebijakan impor Amerika Serikat karena lebih memilih untuk membuktikan dampaknya melalui data-data ekonomi saja.

Pernyataan Perwakilan Departemen Perdagangan AS Selasa kemarin, bahwa mereka akan mulai menerapkan tarif impor 25 persen terhadap barang-barang China senilai $16 miliar di akhir bulan ini, tak terlalu dikhawatirkan para trader emas. Tindakan kali ini merupakan langkah terakhir yang ditempuh oleh Washington untuk menekan China, agar mau bernegosiasi melonggarkan aturan perdagangan, setelah pemberlakuan bea impor pada Juli lalu.

Selain itu, beberapa data ekonomi AS terbaru pun menunjukkan hasil yang di bawah ekspektasi, di antaranya adalah data Non Farm Payroll untuk bulan Juli serta data PMI Manufaktur. Hal inilah yang menyebabkan harga emas juga kekurangan pemicu untuk naik, karena harga emas lazimnya akan naik saat gejolak perdagangan memanas.


“Harga emas saat ini terkonsolidasi. Penurunan Dolar tampaknya masih dapat dibeli, sehingga saya skeptis untuk mengatakan bahwa harga emas sudah mencapai dasar,” kata Philip Ho, kata trader Hong Kong yang dikutip oleh Reuters.


xau

( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifan Financindo

Sumber : seputarforex

Tinggalkan Balasan