RIFANFINANCINDO PEKANBARU | Harga Emas Naik Terdorong Krisis Argentina

RIFANFINANCINDO PEKANBARU – Harga emas naik di sesi perdagangan Asia Rabu (05/September) siang ini, terdorong oleh meningkatnya krisis ekonomi di Argentina yang diekspektasikan segera memasuki kondisi resesi. Namun, eskalasi konflik dagang antara AS dan China masih berkontribusi membebani gerak harga emas.

harga-emas

Krisis Argentina Dan Jatuhnya Mata Uang Negara Berkembang

Survei bulanan yang dihimpun oleh Bloomberg pada hari Selasa kemarin, menunjukkan bahwa inflasi Argentina diekspektasikan menyentuh 40.3% di akhir tahun. Perkiraan tersebut lebih tinggi daripada ekspektasi yang disusun pada bulan Juli.

Peso Argentina diproyeksi menyentuh harga 41.9 terhadap Dolar AS di akhir tahun ini. Angka tersebut merupakan nilai tukar yang lebih lemah daripada ekspektasi bulan Juli di 30.5. Sepanjang tahun ini, Peso Argentina telah melemah sebanyak 52 persen terhadap Dolar AS.

Selain Argentina, sejumlah mata uang negara berkembang lain juga mengalami krisis nilai tukar dengan Dolar AS. Di antaranya adalah Afrika Selatan, Turki, dan Indonesia. Dalam situasi ini, permintaan terhadap emas sebagai safe havendiperkirakan akan meningkat, sehingga setidaknya dapat menyangga agar harga tidak turun lebih jauh di tengah eskalasi konflik perdagangan AS-China.

Eskalasi Perang Dagang Kian Dekat

Perang Dagang AS-China tinggal menghitung hari. Public Comment Period untuk proposal bea impor tambahan AS terhadap barang-barang China senilai lebih dari $200 miliar akan berakhir besok. Setelah itu, presiden AS Donald Trump akan menindaklanjutinya sebagai sebuah rencana kebijakan, sambil menentukan waktu pelaksanaannya.

Sementara itu, China akan melakukan pembalasan kebijakan setelah rencana tersebut disahkan. Dalam kondisi ini, harga emas cenderung akan menurun karena Dolar AS dipandang sebagai safe haven yang lebih menguntungkan ketimbang emas.

Harga Emas Naik

Harga emas futures di Comex New York untuk pengiriman Desember, naik 0.06 persen ke $1,199.7 pagi tadi. Harga emas spot juga naik 0.2 persen ke $1,193.31 pada pukul 10:55 WIB. Sementara grafik XAU/USD 4H menunjukkan kenaikan tipis dari level rendah $1,193:

( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifanfinancindo

Sumber : seputarforex

xu