PT RIFAN FINANCINDO PEKANBARU | Harga Emas Naik Tipis Jelang Pertemuan Trump-Putin

PT RIFAN FINANCINDO PEKANBARU  –  Harga Emas naik tipis pada awal perdagangan hari Senin (16/Juli) setelah terpuruk di level terendah tujuh bulan pada akhir pekan lalu. Pelaku pasar mencecap sedikit optimisme dari negosiasi dagang antara Uni Eropa dan China, sembari menantikan kabar dari pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin yang akan diselenggarakan nanti malam di Helsinki, Finlandia.

Harga Emas Naik Tipis Jelang Pertemuan Trump-Putin

Kesepakatan Uni Eropa-China Dongkrak Harga Emas

Laporan ekonomi China yang dirilis tadi pagi menunjukkan performa yang kurang memuaskan. Meskipun Gross Domestic Product (GDP) sesuai ekspektasi, tetapi Produksi Industri mengalami perlambatan yang ditengarai dapat memburuk ketika dampak perang dagang AS-China mulai timbul pada semester kedua tahun 2018. Namun demikian, laporan tersebut tak berdampak terlalu besar di pasar finansial.

Dolar AS terpantau melemah terhadap mayoritas mata uang mayor lainnya, sementara dolar-dolar komoditas justru terdongkrak karena diberitakan bahwa Uni Eropa dan China bakal mencapai kesepakatan baru di bidang perdagangan. China merupakan salah satu pasar konsumen emas terbesar dunia, sehingga kelegaan serupa terefleksikan pula pada pergerakan harga Emas.

Pasangan XAU/USD menanjak 0.20% ke 1243.33 saat berita ini ditulis, bahkan sempat mencatat high pada 1245.43 pada perdagangan intraday. Akan tetapi, laporan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) yang dikutip oleh Reuters menunjukkan bahwa Hedge Fund dan para manajer investasi AS memangkas posisi long netto mereka pada kontrak emas berjangka COMEX dalam periode sepekan yang berakhir tanggal 10 Juli. Kini, posisi longnetto atas emas telah mencapai level terendah dalam lebih dari dua tahun terakhir.

Khawatir Blunder Trump

Ke depan, perhatian akan terpusat pada pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam wawancara dengan CBS News pada hari Jumat, Trump menyampaikan bahwa ia punya ekspektasi rendah mengenai pertemuan ini. Di sisi lain, para pengamat khawatir kalau Trump akan melakukan blunder yang merugikan para sekutu AS sendiri, seperti Uni Eropa, yang berseberangan dengan Rusia.

Sementara itu, harga emas Antam di LM Jakarta Pulogadung hari ini dipatok pada Rp645,000 per gram dan buyback ditentukan Rp571,000 per gram; tak mengalami perubahan dibanding hari Sabtu (14/Juli). Harga yang pertama berlaku apabila Anda akan membeli emas Antam baru, sedangkan harga buyback berlaku apabila Anda ingin menjual kembali emas yang dimiliki pada gerai. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : PT Rifan Financindo

Sumber : seputarforex