0

Rifanfinancindo I Harga Emas Stabil Menunggu Kebijakan ECB

Rifanfinancindo Pekanbaru – Harga emas stabil di hari Kamis (07/Sept) dari awal sesi perdagangan hingga menjelang sore ini. Lemahnya Dolar AS masih menjadi pendukung penguatan harga emas. Selain itu, pasar juga menantikan hasil rapat kebijakan moneter Bank Sentral Eropa (ECB) yang akan diumumkan petang nanti.

emas-24-karat

Emas spot diperdagangkan pada harga $1,344 per troy ons pada pukul 11:07 GMT+7, mengendur 0.3 persen dari sesi perdagangan sebelumnya. Sementara itu, harga emas futures di Comex, untuk pengiriman bulan Desember terpantau flat pada kisaran $1339.50.

Event utama untuk para trader hari ini adalah rapat ECB. Jika bank sentral tersebut menyampaikan pesan yang di luar espektasi, maka pasar akan dilanda kekhawatiran dan emas akan kembali mereguk penguatan,” kata Naeem Aslam, Kepala Analis Pasar di ThinkMarkets.

Sementara itu, Dolar AS sendiri masih belum punya tenaga untuk menggulingkan Euro hingga sore ini. ECB diekspektasikan akan mulai menyampaikan skema mengenai penarikan stimulus moneternya. “Keganjilan dalam tensi geopolitik minggu ini terangkat sangat tinggi. Jika Korea Utara kembali melancarkan uji coba rudal, maka sentimen penghindaran risiko bisa terpicu kembali dan emas lagi yang mendapat keuntungan,” kata Aslam.

AS Belum Berminat Kirim Pasukan Militer Ke Korut

Rabu kemarin, Presiden Donald Trump memperingatkan bahwa AS sudah tak bisa menolerir tingkah Korea Utara. Namun, mengatasinya dengan cara mengirim pasukan militer ke Pyongyang bukanlah solusi utama yang akan dipilih Trump.

Menurut Samson Li, analis yang dikutip oleh Reuters, sementara ini pasar akan mengalihkan perhatiannya sementara pada rapat FOMC bulan ini, ketimbang gejolak geopolitik Korut. Li memperkirakan harga emas akan tertekan minggu depan begitu Dolar AS rebound jelang rapat FOMC. Begitupun dengan Goldman Sachs. Bank kawakan dunia tersebut memperkirakan bahwa yang menggerakkan harga emas saat ini sebetulnya bukanlah geopolitik di Korea, melainkan kebijakan-kebijakan Donald Trump.

Sementara harga emas dunia flat, harga emas ANTAM justru turun Rp3,000 dibanding harga kemarin. Hari ini, harga emas ANTAM batangan berada pada harga Rp616,000 per gram dengan buy back price Rp556,000 per gram. ( Mbs-rifan financindo berjangka )

Lihat : Rifanfinancindo
 
Lihat : rifan-pekanbaru
 
Sumber : seputarforex

Tinggalkan Balasan