Harga Emas Terjatuh

Rifan Financindo Berjangka ? Adanya reli AS dalam ekuitas dan komentar dari Ketua Federal Reserve, Janet Yellen, mengakibatkan penurunan daya tarik bagi emas, menarik harga lebih rendah untuk sesi Jumat (10/7) dan meningkatkan angka kerugian mingguan menjadi 0,5%.

Harga emas terombang-ambing untuk sebagian dari sesi dan menemukan beberapa dukungan dari melemahnya dolar AS dikarenakan kekhawatiran atas perekonomian Tiongkok masih ada dan prospek perjanjian definitif akhir pekan ini antara Yunani dan kreditor internasional mulai tumbuh.

Emas untuk kontrak bulan Agustus turun $ 1,30 atau 0,1% untuk menetap di $ 1.157,90 per ons di Comex. Harga emas terpantau turun sekitar 0,5% untuk minggu ini, dimana ini merupakan penurunan mingguan ketiga berturut-turut. Perak untuk kontrak bulan September turun 12 sen atau 0,8% ke level $ 15,481 per ons. Perak juga mengalami penurunan sebesar 0,5% untuk minggu ini.

Ketua Federal Reserve, Janet Yellen, pada hari Jumat yang lalu mengatakan bahwa ia melihat tanda-tanda ekonomi mulai membaik dan mengharapkan bahwa peningkatan suku bunga harus disesuaikan di beberapa titik pada akhir tahun ini. Kenaikan suku bunga dapat meningkatkan nilai dolar, yang biasanya bergerak dalam arah yang berlawanan dengan harga emas.

Dalam perdagangan logam lainnya, tembaga bermutu tinggi turun 1,4 sen atau 0,6% pada level $ 2,538 per pon. Tembaga tersebut mengalami penurunan mingguan sebanyak 3,5%. Platinum untuk kontrak bulan Oktober naik $ 9,90 atau 1% menjadi $ 1.032,30 per ons untuk kerugian mingguan sekitar 4,8%. Paladium untuk kontrak September turun $ 12,35 atau 1,9% ke level $ 650,35 per ons, dimana harga logam ini menderita kerugian mingguan sebesar 6,4%.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/harga-emas-terjatuh/